Pantau Flash
Bayi 50 Hari Asal Cirebon Positif Korona Usai Diajak Orangtua ke Hajatan
Update COVID-19 di Indonesia: Jumlah Positif 30.514, Pasien Sembuh 9.907
KSP: Pemerintah Berhati-hati dan Tetap Waspada Memasuki Era New Normal
Meutya Hafid: Kepemimpinan Penerapan New Normal Tetap di Pemerintah Sipil
KPU dan Kemendagri Sedang Siapkan Protokol Kesehatan Tahapan Pilkada 2020

Ombudsman Apresiasi Pelayanan Samsat Kota Bekasi

Ombudsman Apresiasi Pelayanan Samsat Kota Bekasi

Pantau.com - Ombudsman mengapresiasi Samsat Kota Bekasi yang terus berinovasi dan meningkatkan pelayanan bagi masyarakat agar tak lagi ada pungutan liar serta mal administrasi.

"Upaya perubahan di Samsat Kota Bekasi sangat kami (Ombudsman) dukung guna memberikan pelayanan prima kepada wajib pajak yang bebas dari pungli dan mal administrasi," ucap Ketua Ombudsman perwakilan Jakarta Raya Teguh Nugroho di Samsat Kota Bekasi, Rabu (4/9/2019).

Baca juga: Komisi III: Insya Allah Fit And Proper Test Capim KPK Dilakukan Pekan Depan

Teguh mengatakan, penilayan soal pelayanan prima yang berikan Samsat Kota Bekasi kepada masyarakat merupakan hasil inspeksi mendadak (Sidak) dalam rangka observasi guna melakukan pemetaan terhadap potensi mal administrasi pelayanan masyarakat.

"Kami lihat perubahannya sangat signifikan, semoga masyarakat merasa puas menikmati pelayanan," pungkasnya.

Sehingga, Teguh berharap pelayanan publik di Samsat Kota Bekasi dapat terus ditingkatkan dan selalu memberikan kemudahan bagi masyarakat. 

"Tingkatkan pelayanan dan pengawasan internal sehingga tercipta zona integritas," tutupnya.

Terpisah, Kanit Samsat Kota Bekasi AKP Danny Rimawan menyebut bahwa pihaknya tak mengetahui sedikit pun soal inspeksi mendadak yang dilakukan oleh tim Ombudsman.

"Kita tidak tau jika tim (Ombudsman) akan datang. Meski demikian kami tetap menerapkan standardisasi pelayanan publik Polri, dari pintu gerbang telah disediakan kanopi, papan penunjuk area parkir, denah lokasi pelayanan, papan acrilic dan himbauan pelayanan bebas calo. Intinya secara teknis sudah kita lakukan pembenahan," beber Danny.

Menurutnya, inspeksi yang dilakukan pihak Ombudsman tak hanya diluar gedung Samsat Kota Bekasi. Sebab sekitaran dalam gedung juga ikut disisir serta tak lupa berinteraksi dengan masyarakat atau wajib pajak.

"Dalam gedung kita turut memasang persyaratan mekanisme dalam bentuk one way pada tempat pengambilan formulir, loket progresif, yanduan dan loket layanan," ungkap Danny.

Baca juga: Dishub Jabar Klaim Rutin Razia Truk Overload di Tol Cipularang

Danny melanjutkan, pihak Ombudsman mengapresiasi ada pelayanan cek fisik yang menyediakan kenyamanan di ruang tunggu dan penempatan spanduk yang gampang dilihat oleh pemohon.

Bahkan untuk menghindari penumpukan didalam gedung, lanjut Danny, pihaknya menyiapkan ruang khusus yang diperuntukkan bagi pengantar atau sanak saudara yang ikut serta.

"Ruang yang nyaman membuat rekan-rekan dari Ombudsman terkhusus pak Teguh Nugroho, di lokasi ini layanan tidak dipungut biaya alias gratis," tegas Danny.

"Yang akan mengurus diberikan tanda pengenal, untuk yang antar dipersilahkan menuju ke ruang tunggu," sambungnya.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Kontributor - RZK

Berita Terkait: