Panda Nababan Khawatir Muncul Dendam Antara Hubungan Jokowi-Paloh yang Dikabarkan Renggang

Headline
Politikus senior Panda Nababan. (Foto: Antara)

Pantau – Politikus senior Panda Nababan mengaku khawatir muncul dendam antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Ketum NasDem Surya Paloh. Dirinya mengatakan strategi dendam Jokowi bila hubungan ini nantinya tidak berjalan mulus.

“Terus terang saya khawatir dengan hubungan mereka berdua. Enggak berjalan baik antara Jokowi dan Surya. Saya khawatir,” kata Panda, Sabtu (19/11/2022).

“Karena kalau terjadi. Jokowi ini jelek, kelakuannya jelek. Dia bisa membuat gerakan-gerakan yang enggak kita duga. Semacam suatu untuk membalaskan,” sambungnya.

Panda mengungkapkan pengalamannya soal sifar Jokowi. Ia menyebut Jokowi memiliki hubungan yang kurang baik dengan Panglima lantaran salah satu acara HUT TNI di Cilegon pada tahun 2017.

“Saya cerita di buku saya soal Panglima Gatot. Dia merasa dipermalukan, tidak dihargai, waktu ulang tahun TNI di Cilegon. Dia jalan kaki, naik taxi, kemudian disuruh Pramono, Pratikno cek Kapolda Banten enggak dilibatkan, Korlantas enggak dilibatkan. Tapi, Gatot ngomong ke presiden ‘Mohon maaf Bapak Presiden, rakyat begitu membludak karena mencintai TNI’. Enggak diatur aja itu lalu lintas,” katanya.

Panda mengatakan bahwa saat itu Jokowi memiliki dendam kepada Gatot. Saat perkawinan anaknya, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution, Gatot tidak diperlakukan spesial.

“Aku bilang dia jelek ‘one day akan kubalas kau’. Dibalas lah waktu ulang tahun perkawinan anaknya, si Bobby. Tito pakai mawar merah, Pratikno, Luhut segala macam panitia duduk sama istrinya di pojok-pojok itu. Salam juga enggak ada karpet merah saat itu masih Panglima dibikin keleleran begitu enggak dianggap,” ucap Panda.

Panda kembali lagi merasa khawatir jika hal ini juga terjadi antara Jokowi dan Surya. Dia mengaku tak mau jika keduanya tak menjalin hubungan dengan baik, lantaran merupakan sesama temannya.

“Aku kebetulan Surya Paloh teman baikku, dia (Jokowi) teman baikku. Jangan lah. Jadi ku lihat itu tanda-tandanya,” katanya.

“Cuma terus terang dari pengalamanku dalam aku lihat, itu yang saya bilang khawatir, jangan lah. Karena dia punya kemampuan yang di luar dugaan gitu loh,” sambungnya.

Tim Pantau
Editor
Renalya Arinda
Penulis
Renalya Arinda