Pasokan Sapi di Babel untuk Idul Adha 2022 Dipastikan Aman

Headline
Ilustrasi, Pemasukan sapi potong di Pelabuhan Pangkalbalam Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. ANTAR (Aprionis)

Pantau – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memastikan bahwa stok sapi dari Lampung untuk Hari Raya Idul Adha 2022 masih aman.

“Kita pastikan pasokan sapi potong masih aman, karena Lampung masih aman dari Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) ternak,” jelas Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Babel, Junaidy, di Pangkalpinang, Selasa, 17 Mei 2022.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang tinggi sampai saat ini 90 persen sapi potong masih didatangkan dari luar daerah karena Babel masih dalam pengembangan peternakan itu.

“Saat ini, 80 persen dari 90 persen ternak sapi potong ini didatangkan dari Lampung, sementara sisanya dari Madura Jawa Timur,” tuturnya.

Menurut Junaidy, dalam pemasukan sapi potong dari Lampung ini, pihaknya bekerja sama dengan Balai Karantina Pertanian melakukan pengawasan ketat untuk memastikan ternak sapi potong dan hewan kurban tersebut bebas dari PMK yang telah mewabah di Jawa Timur, Aceh dan daerah lainnya.

“Saat ini, kita telah menghentikan pemasukan ternak dari Jawa Timur dan Aceh yang telah terwabah PMK,” katanya.

Junaidy menambahkan, walaupun pemasukan ternak di dua provinsi tersebut telah dihentikan, namun tidak akan mempengaruhi pasokan dan stok sapi potong ke Bangka Belitung ini.

“Kita berharap Lampung tetap bebas dari PMK ini, agar pasokan ternak ke daerah ini tetap berjalan lancar dan aman,” terangnya.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Firdha Rizki Amalia