PDIP Polisikan Ustaz yang Sebut Bung Karno Pengkhinat

Headline
Pidato proklamasi Soekarno. (Foto: Istimewa)Pidato proklamasi Soekarno. (Foto: Istimewa)

Pantau – Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat PDIP DKI Jakarta melaporkan Ustaz Ahmad Zaenudin ke Polda Metro Jaya, Rabu (3/8/2022).

Pelaporan dilayangkan terkait pernyataan Ahmad yang menyebut Pancasila bukan produk ulama dan Sukarno adalah pengkhianat.

“Jadi, KH Ahmad Zaenudin ceramah dan menyebut Pancasila itu bukan produk ulama dan kita dengar kata-kata Sukarno pengkhianat Pancasila,” ujar Kepala Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat PDIP DKI Jakarta, Marthin Pasaribu.

Marthin mengaku mendapat pernyataan itu berdasarkan video yang beredar di media sosial pada 28 Juli 2022. Potongan video itu juga menjadi bukti pelaporan ke polisi.

“Karena kita khawatir ini jadi keonaran, maka biar menjadi ranah kepolisian. Soalnya sudah beredar di media sosial,” ujar Marthin.

Laporan diterima dengan nomor LP/B/3980/VII/2022/SPKT/POLDA METRO JAYA tangga 3 Agustus 2022 dengan pihak pelapor Pangihutan Marthin Pasaribu dan pihak terlapor KH Ahmad Zaenudin.

Ahmad dilaporkan terkait tindak pidana menyebarkan berita bohong yang menimbulkan keonaran di kalangan masyarakat sebagaimana diatur Pasal 14 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Tim Pantau
Editor
Aries Setiawan