Pelapor Mau Nangis Lihat Video Cekikikan Roy Suryo di Acara Club Mercy

Headline
Roy Suryo usai menjalani pemeriksaan selama 10 jam di Gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (28/7/2022). ANTARA/HO-Polda Metro Jaya

Pantau – Video tersangka kasus penistaan agama, Roy Suryo, tertawa lepas saat bersama rekan-rekannya dalam acara Mercedes SL Club Indonesia beredar di media sosial.

Dalam video itu, Roy masih mengenakan penyangga leher seperti dalam pemeriksaan sebelumnya.

Video ini pun banyak mendapat respons dari publik. Mereka mempertanyakan mengapa Roy Suryo tidak ditahan. Tidak terkecuali pihak pelapor.

“Dari sisi kami umat Buddha, begitu melihat (video Roy tertawa bebas), mau nangis aja rasanya. Sedih,” ujar pengacara Kevin Wu, Herna Sutana, selaku pelapor dugaan pelecehan yang dilakukan Roy Suryo, Selasa (2/8/2022).

Herna mempertanyakan penyidik Polda Metro Jaya yang tidak menahan Roy Suryo.

“Kita berkaca pada kasus penistaan agama bahwa tersangka itu semuanya langsung ditahan. Kita juga legowo kewenangan penyidik untuk tidak menahan, walaupun itu mencederai keadilan,” ujar Herna.

“Mengapa? Karena dari sisi lain itu penerapan hukumnya saklek, tapi pas di sisi kita ya manut. Kita ikut proses hukumnya, tapi diperlakukan beda,” Herna menambahkan.

Herna mengaku pihaknya memaklumi kondisi kesehatan Roy Suryo. Namun begitu melihat video Roy Suryo tertawa bebas di luar, pihaknya merasa ada ketidakadilan dalam proses hukumnya.

“Kita tuh manut hukum. Ini kan sudah jelas-jelas bahwa perlakuan hukumnya beda. Terus yang harusnya penista agama ditahan, tapi ini enggak ditahan,” ucapnya.

Herna mengatakan pihaknya akan menyampaikan surat terbuka untuk Presiden Joko Widodo hingga Kapolri jenderal Listyo Sigit Prabowo.

“Rencana besok kita akan press confrence akan membacakan surat terbuka kepada Bapak Presiden, Bapak Menkopolhukam, kepada Bapak Kapolri. Kita mau menanyakan kenapa ada penerapan hukum yang berbeda,” katanya.

Terkait viralnya video Roy Suryo tertawa terbahak-bahak dalam kegiatan touring, polisi buka suara.

“Terkait viralnya Roy Suryo yang touring motor dan sebagainya kenapa dia tidak ditahan, dia alasan sakit tapi di luar dia aktivitas seperti itu. Lalu bagaimana tanggapan Polda Metro? Saya berbicara mewakili Polda Metro, jawabannya adalah penyidik punya pertimbangan kenapa belum ditahan. Itu jawabannya,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes E Zulpan, Selasa (2/8/2022).

Roy Suryo tidak ditahan usai ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penistaan agama.

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu diduga menistakan agama dengan unggahan meme stupa Candi Borobudur berwajah mirip Jokowi.

Meski tidak ditahan, namun polisi menegaskan kasus yang menjerat mantan politikus Partai Demokrat itu akan tetap berlanjut hingga persidangan.

Roy Suryo disangka melanggar Pasal 28 ayat (2) Jo Pasal 45 (a) ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan atau Pasal 156 (a) KUHP dan atau Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1945 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Tim Pantau
Editor
Aries Setiawan