Pantau Flash
Ratusan Pemuda Bakar Poster Habib Rizieq Tolak Kedatangannya ke Kendari
Bertambah 5.533, Total Kasus Positif COVID-19 Jadi 549.508 per 2 Desember
Gunung Ile Lewotolok di NTT Sudah Erupsi 2 Kali Sejak Pagi
Ahli Virologi: Pandemi COVID-19 Bermula dari Italia Utara Bukan Wuhan
UMKM Masuk Daftar Investor Nasional Tahun Depan

Pembentukkan PAN Reformasi Akan 'Bunuh' Amien Rais

Pembentukkan PAN Reformasi Akan 'Bunuh' Amien Rais Amien Rais. (Foto: Antara)

Pantau.com - Akademisi dari Universitas Muhammadiyah Kupang, Dr Ahmad Atang MSi, mengatakan, pembentukan Partai Amanat Nasional (PAN) Reformasi akan membangun stigma buruk terhadap Amien Rais.

"Bagi saya, jika keinginan tersebut direalisasikan maka akan membangun stigma buruk terhadap Amien Rais, karena Amien Rais adalah PAN dan PAN adalah Amien Rais," kata Atang, Jumat, terkait usulan mengenai pembentukan partai baru, PAN Reformasi.

Baca juga: Politikus PAN: Jangan Provokasi Amien Rais Demi Kepentingan Pribadi

Mantan pembantu rektor I UMK itu menjelaskan, sejarah lahirnya partai politik di Indonesia adalah sejarah soal kekecewaan terhadap induk partai, karena ketidakpuasan terhadap proses politik di internal.

Sebut saja PDI Perjuangan yang lahir dari Partai Demokrasi Indonesia, Partai Hanura, Partai Gerindra, dan Partai NasDem lahir dari Partai Golkar. Selain PDP lahir dari PDI Perjuangan, PBR lahir dari PPP, Partai Gelora lahir dari PKS dan Partai Matahari Bangsa (PMB) lahir dari PAN.

Para kader partai keluar dari partai induk, dan mendirikan partai baru, namun tidak semuanya berhasil eksis dalam peta politik nasional. Ada yang berhasil membangun partai seperti Partai Gerindra dan Partai Nasdem, tapi banyak juga yang gagal seperti Hanura, PMB, PDP dan PBR.

Baca juga: Politikus PAN: Zulhas Akan Rangkul Semua, Termasuk Amien Rais

Artinya, wacana Amien Rais akan membantuk partai baru, yakni PAN Reformasi memiliki sejarah yang sama seperti sejumlah partai yang sudah lahir sebelumnya.

Namun, bagi Atang, jika keinginan tersebut direalisasikan, maka akan membangun stigma buruk terhadap Amien Rais. Hal ini terjadi karena stereotip Rais adalah PAN dan PAN adalah Amien Rais. Kata Atang, dengan mendirikan PAN Reformasi sama artinya dengan "bunuh diri".

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta

Berita Terkait: