Pemdes Candirejo Gunungkidul Ungsikan 58 Warga yang Rumahnya Rusak Akibat Longsor

Headline
Tim Basarnas Yogyakarta masih melakukan pencarian korban tertimbun tanah longsor di Desa Candirejo, Kabupaten Gunungkidul, Sabtu (19/11/2022). (ANTARA/HO-Basarnas Yogyakarta)

Pantau – Pemerintah Kelurahan/Desa Candirejo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengungsikan 58 warga yang rumahnya rusak parah tertimpa tanah longsor ke balai kelurahan setempat.

“Jumlah KK yang diungsikan dimungkinkan terus bertambah setelah warga mau dibujuk untuk mengungsi sementara. Tempat tinggal puluhan warga tersebut berada di daerah rawan longsor,” kata Kepala Seksi Pemerintahan atau Jogoboyo Kelurahan Candirejo Sri Hartono di Gunungkidul, Sabtu (19/11/2022).

Ia mengatakan rincian dari 58 jiwa tersebut, yakni 34 dewasa, 17 anak-anak, dan 19 lansia. Sebagian besar pengungsi berasal dari dua rukun tetangga di Pedukuhan Blembem.

“Jadi warga yang diungsikan ini tinggal di tempat rawan longsor, karena itu kita bujuk agar sementara waktu di sini dulu. Sebagian pengungsi ini warga RT1 dan RT2 Blembem,” ujarnya.

Sri menyebut jumlah pengungsi bisa saja bertambah. Untuk itu, telah disiapkan bangunan SD yang kosong akibat regrouping.

“Untuk sementara kami kondisikan 58 orang ini ditampung di Balai Kelurahan Candirejo. Kalau tidak muat sudah disiapkan SD yang kebetulan sudah di-regrouping sehingga kosong, nanti SD itu juga bisa berfungsi sebagai dapur umum,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul Purwono mengatakan berdasarkan data sementara BPBD Gunungkidul terjadi bencana hidrometeorologi di lima kecamatan/kapanewon, yakni Semin, Karangmojo, Nglipar, Ngawen, dan Patuk.

“Saat ini, tim gabungan dari berbagai intensitas melakukan evakuasi dampak bencana hidrometeorologi,” kata dia.

Ia mengatakan dari lima kecamatan terdampak bencana hidrometeorologi tersebut tersebar di sembilan kelurahan/desa atau 37 pedukuhan. Total warga terdampak bencana 400 KK atau 1.746 jiwa.

“Sampai saat ini, masih ada dua warga yang terjebak longsor di Candirejo. Saat ini masih dalam proses evakuasi,” katanya.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Renalya Arinda
Penulis
Renalya Arinda