Pantau Flash
Penembakan di Cafe Shisha Jerman, 9 Orang dan Pelaku Tewas
Jokowi Benarkan 4 WNI Positif Korona di Kapal Pesiar Diamond Princess
Ada Gubernur Belum Alihkan Kewenangan Izin Investasi, Bahlil Lapor Presiden
KPK Takut Tangkap DPO Eks Sekretaris MA Nurhadi?
Rapper Pop Smoke Tewas Ditembak di Rumahnya

Pemerintah Mulai Buka Akses Internet Papua Bertahap, Ini Kata Komisi I

Pemerintah Mulai Buka Akses Internet Papua Bertahap, Ini Kata Komisi I Ilustrasi (Foto: Pantau.com/Amin H. Al Bakki)

Pantau.com - Menkominfo Rudiantara mengatakan pihaknya akan membuka akses internet di Papua dan Papua Barat secara bertahap. Rencana kebijakan itu akan diberlakukan setelah pihaknya menggelar rapat terkait dengan masalah pemblokiran tersebut.

Menanggapi hal itu, Anggota Komisi I DPR RI, Andreas Hugo Pareira mengatakan, pencabutan pemblokiran internet harus lebih dahulu mempertimbangkan kondisi dan situasi di Papua. Jangan sampai menurutnya kondisi Papua belum berangsur pulih akses internet sudah dibuka.

Baca Juga: Komnas HAM Ragu Pemblokiran Internet di Papua Bisa Redam Ketegangan

"Tentu soal pencabutan pemblokiran internet atau sinyal di Papua harus ada kaitan kuat dengan situasi kemanan di sana, sejauh situasi keamanan di sana sudah menjadi lebih baik dan ada di dalam kontrol dari pemerintah dan aparat keamanan saya kira sudah waktunya untuk dicabut," kata Andreas di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Kendati begitu, Andreas menilai, selama ini penanganan pemerintah terkait dengan persoalan di Papua dirasa sudah cepat dan tanggap.

Sementara di sisi lain Andreas melihat persoalan yang terjadi di Papua berawal dari persoalan sifatnya interpersonal, tapi kemudian dibuat menjadi eskalasi nasional dan eskalasi yang bersifat internasional dengan target melakukan internasionalisasi terhadap masalah Papua.

"Dan pemerintah dalam hal ini cepat dan tanggap untuk mengatasi berbagai persoalan ini, saya kira dalam posisi kita hari ini ya kita semua menyadari bahwa kita perlu menjaga Papua sebagai bagian integratif dari NKRI," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyatakan pihaknya akan mencabut pemblokiran internet di sejumlah wilayah Papua dan Papua Barat secara bertahap mulai Rabu (4/9/2019).

Rudiantara mengatakan akan melakukan rapat koordinasi malam ini sebelum membuka akses internet secara bertahap.

Baca Juga: Soal Pembatasan Internet di Papua hingga Kini, Ini Jawaban Menko Wiranto

"Nah ini sedang kita koordinasikan kabupaten dan kota mana saja. Malam ini mudah-mudahan sudah ada ini (datanya). Sehingga secara bertahap besok sudah bisa dilakukan, diaktifkan kembali layanan datanya di beberapa kabupaten, kota," kata Rudiantara di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa, 3 September 2019.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Category
Nasional

Berita Terkait: