Pemerintah Putuskan Iduladha 1443 H Minggu 10 Juli 2022

Headline
Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi. (Foto: Kementerian Agama)Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi. (Foto: Kementerian Agama)

Pantau – Pemerintah memutuskan Hari Raya Iduladha 1443 H jatuh pada Minggu 10 Juli 2022. Keputusan itu setelah pemerintah melakukan sidang isbat secara terbatas.

“Hari Raya Iduladha akan jatuh pada tanggal 10 Zulhijah dan bertepatan juga dengan tanggal 10 Juli 2022,” kata Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Pendidikan dan Kaderisasi, KH Abdullah Jaidi di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Rabu (29/6/2022).

Sebelumnya, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid menjelaskan pihaknya telah melakukan pemantauan hilal yang tersebar di 86 titik. Dari semua itu tidak ada satupun yang melaporkan melihat hilal.

“Oleh karenanya berdasarkan hisab posisi hilal seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk. Akan tetapi belum memenuhi kriteria imkanu ru’yat, MABIMS serta laporan hilal juga tidak terlihat. Sehingga, secara mufakat 1 Zulhijah 1443 H jatuh pada hari Jumat tanggal 1 Juli 2022,” terang Zainut.

Zainut berharap dengan hasil sidang isbat ini, semua umat Islam dapat merayakan Iduladha bersama-sama. Zainut juga berterima kasih kepada Abdullah Jaidi yang mewakili MUI dan Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto.

Tim Pantau
Reporter
Tim Redaksi
Editor
Muhammad Rodhi