Pantau Flash
Jelang Akhir Pekan Rupiah Melemah Rp13.760 per Dolar
Sebastian Vettel: SF1000 Jelas Lebih Meningkat Dibanding Tahun Lalu
Maskapai Global Diprediksi Kehilangan Rp400 Triliun Akibat Wabah Korona
MUI: Haedar Nashir dan Said Aqil Akan Satu Frame
Penjemputan WNI yang Jadi ABK di Kapal Pesiar Akan Libatkan TNI

Pemindahan Ibu Kota, PDIP: Jokowi Hanya Wujudkan Mimpi Presiden Sebelumnya

Pemindahan Ibu Kota, PDIP: Jokowi Hanya Wujudkan Mimpi Presiden Sebelumnya Ilustrasi (Foto: Pantau.com/Amin H. Al Bakki)

Pantau.com - Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah mengatakan, Presiden RI Joko Widodo saat ini hanya sedang merealisasikan rencana presiden-presiden terdahulunya terkait dengan pemindahan ibu kota. 

"Di zaman Presiden Soekarno rencana pemindahan ibu kota sudah pernah dibahas. Begitu juga zaman Pak Harto di Jonggol sebagai calon ibu kota provinsi. SBY juga telah melakukan kajian. Jadi sebenarnya Pak Jokowi hanya merealiasi antara presiden-presiden Indonesia sebelumnya yang belum terlaksana," kata Basarah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (27/8/2019).

Baca Juga: 7 Hal yang Terjadi pada Jakarta Jika Tak Lagi Jadi Ibu Kota Indonesia

Basarah menilai bahwa rencana pemindahan ibu kota tidak perlu lagi menjadi suatu hal yang perlu dipertentangkan.

"Saya kira tidak ada hal yang menjadi bahan pertentangan karena masing-masing sudah memiliki tugas, pokok dan fungsinya masing-masing. Baik diatur oleh konstitusi atau peraturan perundang-undangan lainnya dan pemindahan ibu kota bukan satu hal yang baru dalam sejarah pemerintahan kita," ungkapnya.

Sementara ketika disinggung, terkait dengan pernyataan Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid yang menyebut seharusnya MPR diajak dalam melakukan kajian pemindahan ibu kota, Basarah hanya menjawabnya secara diplomatis.

"Dan rencana tersebut telah melalui kajian dan pertimbangan yang matang. Nah hal-hal yang menyangkut persetujuan DPR tentu pada saatnya nanti akan diajak bicara oleh presiden. Jadi ini soal momentum saja," tuturnya.

Baca Juga: Jokowi: Ibu Kota Indonesia Pindah ke Kalimantan Timur

"Jadi ini adalah fase di mana presiden dan jajarannya mematangkan kajian, mematangkan segala hal ihwal pemindahan ibu kota Kalimantan," tandasnya.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Category
Nasional

Berita Terkait: