Penculik 12 Anak Akhirnya Mengaku Bohong soal Klaim Eks Teroris

Headline
Ilustrasi Densus 88 Antiteror Mabes Polri melakukan penangkapan terduga teroris. (Foto: Antara/Muhammad Iqbal)

Pantau- Tersangka kasus penculikan 12 anak di sejumlah daerah, Rizal Afif (28) membuat pengakuan soal klaim eks narapidana kasus terorisme. Ia menegaskan klaim tersebut sebuah kebohongan.

“Saya Rizal Afif, status saya saat ini adalah tahanan Polres Bogor dalam kasus penculikan. Tujuan saya dalam testimoni ini adalah untuk memberi klarifikasi saya sebagai eks napiter atau narapidana terorisme adalah tidak benar atau bohong,” kata Rizal dalam sebuah video yang dibenarkan Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin, Jumat (27/5/2022).

Rizal yang kini berstatus sebagai tahanan Polres Bogor itu juga mengungkap awal mula klaim tersebut. Saat menjadi tahanan di Lapas Gunung Sindur, ia diperkenalkan dengan sejumlah tokoh yang datang membesuk Habib Bahar bin Smith.

“Saya banyak dikenalkan kepada para tokoh yang datang ke Lapas Gunung Sindur, termasuk salah satunya Saudara Refly Harun, yang saat itu membesuk Habib Bahar,” ujar Rizal.

Habib Bahar, kata Rizal, berpesan kepada dirinya agar memberikan testimoni positif usai bebas. Di antaranya agar Rizal menyampaikan kepada khalayak bahwa Habib Bahar bukan seorang radikal dan cinta NKRI.

Usai bebas dari Gunung Sindur, Rizal diundang ke podcast Refly Harun. Di sana ia menyampaikan pengakuan sebagai eks narapidana terorisme sebagai langkah mengangkat citra Habib Bahar.

“Isi podcast sejalan dengan pesan Habib sebelumnya dan sudah diketahui Saudara Refly Harun, yaitu saya sebagai eks napiter untuk mengangkat citra beliau,” ungkap Rizal.

Tim Pantau
Reporter
Tim Redaksi
Editor
Muhammad Rodhi