Pengacara Ungkap Ada Luka Tembak di Kepala Tembus ke Hidung Brigadir J

Headline
Kerabat memegang foto mendiang Brigadir J saat pemakaman kembali jenazah setelah autopsi ulang di Sungai Bahar, Muarojambi, Jambi, Rabu (27/7/2022).ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/hp.

Pantau – Kuasa hukum keluarga Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak, mengungkapkan temuan baru pada jasad Brigadir J.

Kata Kamaruddin, berdasarkan autopsi ulang, ditemukan luka tembak dari belakang kepala hingga tembus ke hidung Brigadir J.

“Jadi intinya tadi adalah mengubah berita acara menjadi berita acara pemeriksaan pelapor atau saksi atau pro justisia. Kemudian kita ada keterangan tambahan di luar dari pada yang sudah ditanyakan kepada pemeriksaan dahulu bahwa kita ada menemukan, pertama, soal hasil daripada autopsi ulang atau visum et repertum ulang yang sudah dijelaskan tadi,” ujar Kamaruddin kepada wartawan di gedung Bareskrim Polri, Selasa (2/8/2022).

“Di mana berdasarkan hasil autopsi ulang yang dilihat oleh duta kita atau wakil kita yang berprofesi dokter dan magister kesehatan, ternyata ditemukan luka itu. Luka tembak dari belakang nembus hidung. Itu aja tambahannya,” Kamaruddin menambahkan.

Selain itu, Kamaruddin juga menyampaikan kepada penyidik perihal pengamatan wakil dari keluarga saat autopsi ulang jasad Brigadir J.

Kamaruddin menjelaskan, dari hasil pengamatan perwakilannya saat autopsi ulang, ditemukan ada luka tembak dari leher hingga bibir bawah sebelah kiri.

Ada juga luka di dada kiri ke belakang dengan tegak lurus, tidak miring. Kemudian luka di tangan sebelah kanan. Tak hanya itu, ada juga bekas lem pada luka di tubuh Brigadir J.

“Cuma tadi penyidik bilang begini, kalau bisa ini jangan disebut sebagai hasil autopsi, tetapi hasil pengamatan autopsi. Ya sudah, enggak apa-apa hasil pengamatan autopsi, karena memang kami mengirimkan dua erwakilan kami,” ujar Kamaruddin.

Tim Pantau
Editor
Aries Setiawan