Pantau Flash
Apple Dikabarkan Tunda Peluncuran iPhone 9 Akibat Virus Korona
Komisioner KPAI Sitti Himawatty Minta Maaf Soal Hamil di Kolam Renang
Survei Indo Barometer: Prabowo Diunggulkan Jadi Capres 2024, Anies Kedua
Lagi, RSHS Bandung Tangani Pasien Suspect Virus Korona
WHO: Dunia Harus Bertindak Cepat Cegah Virus Korona

Pengamat: Menteri Jokowi Harus Kerja Ekstra Keras Soal Pemindahan Ibu Kota

Headline
Pengamat: Menteri Jokowi Harus Kerja Ekstra Keras Soal Pemindahan Ibu Kota Ilustrasi (Foto: Pantau.com/Amin H. Al Bakki)

Pantau.com - Pengamat kebijakan publik, Agus Pambagio mengatakan para menteri dalam kabinet Presiden Jokowi nanti harus bekerja keras untuk memindahkan ibu kota ke Kalimantan.

"Selama ini kan sudah lama keinginan pindah Ibu Kota tapi tidak terlaksana. Nah sekarang diperintahkan langsung oleh presiden, jadi pembantunya (menteri) harus bekerja keras bagaimana mewujudkan itu," kata Agus Pambagio di Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Baca juga: Kritik Pidato Jokowi Soal Pemindahan Ibu Kota, Sandiaga: Bukan Prioritas

Menurut dia pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan saat ini tidak hanya sekadar wacana setelah Jokowi meminta izin dan dukungan untuk memindahkan Ibu Kota ke Pulau Kalimantan dalam pidatonya di sidang tahunan MPR/DPR.

"Kalau yang lalu kan belum diperintahkan, kalau sekarang sudah dan telah minta izin ke DPR. Jadi tinggal dibahas. Memang harusnya begitu," ujarnya.

Namun menurut dia para menteri Jokowi memiliki pekerjaan rumah besar dalam proses pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan. Apalagi belum ditentukan kandidat kota mana di Kalimantan yang akan dipilih sebagai Ibu Kota negara baru.

Baca juga: Presiden Jokowi Minta Izin DPD dan DPR Pindahkan Ibu Kota ke Kalimantan

Selain itu, dia mengatakan belum banyak kajian dibuat yang berkaitan dengan pertimbangan pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan.

"Itu yang harus dikaji kan belum ada. Potensi konflik-konfliknya apa saja kan belum tahu. Harus dikaji semua. Apa benar ini tidak rawan gempa atau banjir," imbuhnya.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Adryan Novandia
Category
Nasional

Berita Terkait: