Peringati Hari Al Quds, Massa Gelar Aksi Damai di Depan Kedubes AS

Peringatan Al Quds depan Kedubes AS (Foto: Pantau.com/Dini Afrianti Efendi)Peringatan Al Quds depan Kedubes AS (Foto: Pantau.com/Dini Afrianti Efendi)

Pantau.com – Komite Solidaritas Palestina dan Yaman kembali menggelar aksi tahunan dalam memperingati Hari Al-Quds Internasional yang jatuh pada hari Jumat terakhir di bulan Ramadhan, 8 Juni 2018.

Berdasarkan pengamatan Pantau.com aksi berjalan kondusif dan lancar, dengan perkiraan peserta aksi berkisar 2000 orang.

Adanya aksi ini tidak membuat kedua arah Jalan Medan Merdeka Selatan ditutup dan dibuka seperti biasanya dan tidak ada pengalihan arus signifikan, meskipun arus lalu lintas sempat tersendat lantaran adanya aksi ini. 

Baca juga: HNW: Nama Koalisi Keumatan Gerindra-PKS-PAN Belum Final

Dalam aksinya, para peserta mengutuk aksi Israel dan Amerika Serikat yang menguasai Al-Quds atau Yerusalem yang diklaim sebagai ibu kota Israel.

Ada satu kalimat yang selalu terselip dalam aksi itu yakni, “Mampus Amerika! Mampus Israel!,” ujar orator yang beraksi di atas mobil komando yang langsung diikuti para peserta aksi.

Baca juga: ITB Bekukan Organisasi Terafiliasi HTI, Ini Kata Menristekdikti

Peserta aksi juga datang dari berbagai wilayah, di antaranya Bandung, Karawang, dan Sukabumi yang berkumpul di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Dari anak-anak, remaja, serta para orang tua juga ikut hadir dalam aksi, dengan mengusung tema “Kita akan salat di Alquds dalam waktu dekat”.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Adryan N