Pantau Flash
Dubai Putuskan 'Lockdown' Selama 14 Hari
Madonna Sumbang 1 Juta Dolar untuk Ciptakan Vaksin Korona
Jika Batalkan Kompetisi, Liga Inggris Terancam Denda Rp 15,3 Triliun
Sempat Tersangkut Skandal FIFA, Mantan Presiden Honduras Meninggal Dunia
Jakarta Pagi Cerah Berawan, Waspada Hujan Petir Sore Hingga Malam Hari

Perkuat Toleransi, Wapres Akan Bentuk Forum Komunikasi Umat Beragama

Perkuat Toleransi, Wapres Akan Bentuk Forum Komunikasi Umat Beragama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi usai rapat bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Kantor Wapres Jakarta, Jumat (7/2/2020). (Foto: Antara/Fransiska Ninditya)

Pantau.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menginstruksikan pembentukan forum kerukunan umat beragama (FKUB) tingkat nasional untuk memperkuat tingkat toleransi antarumat beragama di Indonesia.

Untuk mewujudkan rencana tersebut, Wapres Ma'ruf memanggil Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi untuk melakukan rapat internal di Kantor Wapres Jakarta, Jumat (7/2/2020).

Baca juga: Bakal Ada Terowongan Penghubung antara Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral

Tito mengatakan pembentukan FKUB tingkat nasional tersebut menjadi kewenangan Pemerintah pusat mengingat selama ini FKUB hanya ada di tingkat provinsi dan sebagian kabupaten-kota.

"Memang ironis, yang seharusnya menjadi urusan pemerintah pusat, tapi di pusat sendiri tidak ada, padahal urusan keagamaan masuk ke dalam urusan pemerintahan absolut," kata Tito usai rapat di Kantor Wapres Jakarta, Jumat.

Keberadaan FKUB, yang dikelola secara nasional, menjadi penting mengingat keberagaman agama di Indonesia harus dikelola dengan baik guna menjaga kerukunan dan toleransi antarmasyarakat. FKUB nasional akan diatur di bawah koordinasi Wapres Ma'ruf Amin yang membawahi bidang kerukunan antarumat beragama.

"Bapak Wapres ditugaskan oleh Presiden untuk menjadi 'leading' dalam rangka meningkatkan kerukunan antarumat beragama ini," tambahnya.

Baca juga: Jokowi Pasang Target Renovasi Istiqlal Rampung April 2020

Sebelumnya, Wapres Ma'ruf Amin mengatakan kerukunan umat beragama menjadi kunci dalam menjaga persatuan dan keamanan nasional. Sehingga, apabila kerukunan tersebut terganggu, maka akan berdampak pada kerukunan nasional.

Kerukunan nasional itu dapat terjaga salah satunya dengan keberadaan FKUB yang tersebar di daerah, sehingga Wapres Ma'ruf berharap forum kerukunan tersebut berperan dalam menjaga solidaritas.

"Sesungguhnya, ketidakdamaian itu karena tidak ada dialog; atau sesudah dialog tidak terdapat kesepakatan. Forum (kerukunan) ini justru memberikan stimulan agar kita terus menjaga kerukunan. Maka dari itu, kita membangun FKUB provinsi maupun kabupaten-kota," ujar Ma'ruf Amin.


Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Adryan Novandia

Berita Terkait: