Pantau Flash
Bawaslu Tegaskan ASN Tidak Netral Jika Petahana Ikut Pilkada
Wagub DKI: Belum Ada Tanda Lonjakan Kasus COVID-19 Akibat Demo
Publik Bisa Akses Seluruh Naskah UU Ciptaker Setelah Diteken Presiden
Kasus Positif COVID-19 di Indonesia Jadi 381.910 per 23 Oktober
Polri Tetapkan 8 Tersangka Kebakaran Kejaksaan Agung

Pesawat Dabi Air Ditembaki di Bandara Bilogai Papua oleh KKB

Headline
Pesawat Dabi Air Ditembaki di Bandara Bilogai Papua oleh KKB Pesawat Dabi Air yang ditembak saat hendak mendarat di Bilogai, Sugapa, Jumat (18/9). (Foto: Antara/HO/Humas Polda Papua)

Pantau.com - Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal mengaku pesawat Dabi Air dengan nomor penerbangan PK-DPG ditembak kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Bandara Bilogai, Sugapa, Kabupaten Intan Jaya.

"Memang benar ada laporan penembakan terhadap pesawat milik Dabi Air namun tidak mengenai badan pesawat," kata Kamal di Jayapura, Jumat (18/9/2020).

Baca juga: Helikopter PT NUH yang Hilang Kontak Diduga Mendarat Darurat di Paniai

Insiden dilaporkan terjadi sekitar pukul 08.38 WIT terdengar bunyi tembakan sebanyak dua kali terhadap pesawat Dabi Air PK- DPG yang saat itu terbang dari ketinggian diperkirakan dari ujung Bandara Bilorai dengan jarak kurang lebih 300 meter dari landasan pacu (runway). "Sesaat setelah mendarat dipastikan tidak ada peluru yang mengenai badan pesawat," kata Kamal.

Dia mengakui dari laporan yang diterima sesaat setelah pesawat Dabi Air tiba dilanjutkan pesawat milik Rimbun Air dengan nomor penerbangan PK OTJ tiba di Bandara Bilogai yang membawa jenazah Serka Sahlan ke Nabire.

Setelah dipastikan tidak ada peluru yang mengenai badan pesawat, pesawat Dabi Air dengan pilot Rofliudin dan co pilot Obet Obaidilah terbang kembali ke Timika.

Baca juga: Detik-detik SAR Temukan Helikopter PT NUH, Kru Terlihat Lambaikan Tangan

Kasus penembakan dan penganiayaan terhadap warga sipil dan aparat keamanan sebelumnya terjadi yakni penembakan terhadap dua tukang ojek yang terjadi Minggu 14 September 2020.

Dia menambahkan aparat gabungan TNI/Polri masih terus melakukan pengejaran terhadap para pelaku penembakan dan belum dipastikan kelompok mana yang melakukan penembakan. "Personel TNI-Polri masih melakukan pengamanan di sekitar Sugapa untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas," jelas Kombes Kamal.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Noor Pratiwi

Berita Terkait: