Pantau Flash
TransJakarta Uji Coba Bus Listrik Rute Balai Kota-Blok M
Pencairan Gaji ke-13 PNS Masih 'Mengambang'
Tinjau Penanganan COVID-19, Doni hingga Menkes Terawan Sambangi Papua Barat
Komnas Anak Layangkan Panggilan ke-2 pada Lembaga Pimpinan Anies Baswedan
KPK Setor Rp500 Juta dari Perkara Kabid Pembangunan Jalan Muara Enim

Pimpinan KPK Bentuk Tim Transisi untuk Analisis UU KPK yang Diketok DPR

Pimpinan KPK Bentuk Tim Transisi untuk Analisis UU KPK yang Diketok DPR Gedung KPK (Foto: Pantau.com/Yusuf Fadillah)

Pantau.com - Pimpinan KPK Agus Rahardjo cs bentuk tim transisi untuk menyikapi revisi Undang-Undang KPK yang telah disahkan DPR kemarin. 

Juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan salah satu tugas tim transisi itu untuk melakukan analisis terhadap materi-materi dalam RUU KPK. 

"Untuk tetap memaksimalkan pelaksanaan tugas tersebut, Pimpinan telah membentuk Tim Transisi yang menjalankan tugas-tugas prinsip seperti melakukan analisis terhadap materi-materi di RUU KPK yang telah disahkan di Paripurna tersebut, mengidentifikasi konsekuensi terhadap kelembagaan," kata Febri kepada wartawan, Jakarta, Rabu (18/9/2019).

"SDM dan pelaksanaan tugas KPK baik di Penindakan ataupun Pencegahan dan unit lain yang terkait, serta merekomendasikan tindak lanjut yang perlu dilakukan secara bertahap pada Pimpinan." lanjutnya.

Baca juga: Wakil Ketua KPK: MenkumHAM Telah Berbohong!

Namun Febri enggan mengungkapkan siapa saja juga dari unsur mana anggota tim transisi tersebut. 

Febri menyampaikan tim transisi itu perlu karena KPK melihat ada sejumlah perubahan aturan yang berbeda dengan poin-poin yang disampaikan Presiden Joko Widodo sebelumnya. Perubahan tersebut yang dinilai bisa memperlemah kerja KPK. 

"Untuk mencegah efek yang terlalu buruk ke KPK, kami segera menyisir setiap pasal dan ayat yang ada di UU tersebut," tegasnya.

Terkait penyidikan sejumlah kasus, Febri mengatakan pemeriksaan sejumlah saksi tetap dilakukan. 

Melalui pesan tertulis lewat surat elektronik, Ketua KPK Agus Rahardjo menegaskan bahwa pegawai KPK harus tetap menjalankan tugas sebagaimana mestinya. 

Baca juga: UU KPK Disahkan, Moeldoko Tegaskan Jokowi Komitmen Berantas Korupsi

"Ikhtiar kita melawan korupsi tidak boleh berhenti!. Kami langsung pada kalimat inti ini agar kita paham dan tidak ragu sedikitpun untuk tetap melaksanakan tugas sebagaimana mestinya", demikian disampaikan Agus Rahardjo pada seluruh insan KPK melalui email internal.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Lilis Varwati

Berita Terkait: