Pantau Flash
Ulama Besar Habib Ali Assegaf Meninggal Dunia
Vokalis Band 'Kapten' Diciduk Polisi Terkait Kasus Narkoba
Baleg DPR RI Sahkan 33 RUU, BPIP Masuk Prolegnas Prioritas 2021
Gempa di Majene Timbulkan Korban Jiwa Hingga Kantor Gubernur Rusak Berat
Basarnas: Perpanjangan Pencarian Sriwijaya Tahap Pertama Sampai 3 Hari

Pindahkan Ibu Kota ke Kalimantan, Warganet Minta Satu Hal ke Jokowi

Pindahkan Ibu Kota ke Kalimantan, Warganet Minta Satu Hal ke Jokowi Salah satu komentar diakun resmi instagram Joko Widodo. (Foto: Instagram)

Pantau.com - Presiden Joko Widodo dititipkan pesan oleh warganet agar tetap menjaga hutan Kalimantan pasca dua kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur resmi menjadi Ibu Kota Indonesia.

Jokowi diminta agar persoalan polusi jangan sampai terjadi di Kalimantan karena bisa berdampak pada flora dan fauna di pulau tersebut. 

"Pak presiden, titip kalau ibu kotanya sudah pindah ke Kalimantan tolong hutannya tetap dijaga. Jangan sampai polusi parah, kasian flora fauna disana yang sudah kita jaga kelestariannya sejak bertahun-tahun lalu. Mereka berhak hidup damai dan bahagia selayaknya manusia???? @jokowi" tulis akun @ristiafr pada kolom komentar disalah satu unggahan di akun resmi instagram Jokowi. 

Baca juga: Ibu Kota Resmi Pindah, #IbuKotaBaru langsung Trending Topic di Twitter

Hal serupa juga dituliskan pemilik akun @anningmu. "Semoga selalu berimbang dengan alam???? karna Kalimantan paru-paru Indonesia."

Namun ada pula yang mempertanyakan komitmen Jokowi bisa menjaga hutan-hutan Kalimantan. Seperti ditulis oleh pemilik akun @adjimhmmdismk, 'apakah pak Jokowi bisa menjamin hutan-hutan di sana akan tetap utuh? #savekalimantan'. 

Jokowi mengunggah gambar peta pulau Kalimantan dengan daerah kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara yang diarsir merah. 

Pada keterangan foto, Jokowi menuliskan 'Sebagai bangsa besar yang sudah 74 tahun merdeka, Indonesia belum pernah menentukan dan merancang sendiri ibu kotanya.

"Maka, pada siang yang berbahagia ini, saya menyampaikan bahwa pemerintah telah melakukan kajian-kajian mendalam, terutama dalam tiga tahun terakhir. Hasil kajian-kajian tersebut menyimpulkan bahwa lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur," tulis Jokowi. 

Baca juga: Soal Pemindahan Ibu Kota Baru, Fahri Hamzah Singgung 'Asal Bapak Senang'

Unggahan itu diposting beberapa jam setelah Jokowi mengumumkan secara langsung di istana negara Jakarta mengenai keputusan pemindahan ibu kota. 

Hingga tiga jam pasca diposting, unggahan itu telah disukai sebanyak 495.774 dan dikomentari 13.831 pengguna Instagram. 

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Lilis Varwati

Berita Terkait: