Pantau Flash
ABK WNI Disiksa di Kapal China, Komisi IX Minta Pemerintah Tuntaskan
Sultan HB X: Warga Merapi Tak Perlu Diajari Erupsi, Mereka Lebih Paham
Sri Mulyani: Defisit APBN Semester I Capai 1,57 Persen
Pengelola: Ancol Direklamasi Agar Tetap Bertahan di Dunia Rekreasi
Masjid Istiqlal Tak Akan Gelar Salat Idul Adha

PKB Apresiasi Sikap Jokowi yang Izinkan Aksi Demonstrasi Jelang Pelantikan

PKB Apresiasi Sikap Jokowi yang Izinkan Aksi Demonstrasi Jelang Pelantikan Presiden Jokowi saat jumpa pers (Foto: Antara/Arif Firmansyah)

Pantau.com - Juru bicara DPP PKB Syaiful Huda mengapresiasi sikap bijak Presiden Joko Widodo terkait demonstrasi jelang pelantikan Presiden-Wakil Presiden terpilih pada Minggu, 20 Oktober mendatang.

Menurut dia, PKB mendukung sikap Presiden Jokowi yang memperbolehkan unjuk rasa jelang pelantikan Presiden-wakil Presiden terpilih dan mengimbau aparat keamanan mengawal unjuk rasa selama disampaikan sesuai koridor hukum.

"Sikap Presiden yang memperbolehkan unjuk rasa merupakan hal bijaksana karena penyampaian aspirasi di depan umum itu dijamin konstitusi. Hanya saja mereka yang mau berunjuk rasa juga harus menaati koridor hukum yang berlaku," kata Syaiful Huda, di Jakarta, Rabu (16/10/2019).

Baca juga: Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Depan Gedung DPR Antisipasi Demo

Huda yang merupakan anggota Fraksi PKB DPR RI itu menjelaskan, sikap Presiden merupakan cerminan dari amanat konstitusi sehingga semua pihak harus menghormati pihak-pihak yang ingin menyampaikan aspirasi mereka di depan umum.

Menurut dia, Indonesia sebagai negara yang demokratis, seharusnya semua aspirasi harus dihormati sehingga kalau disampaikan menjelang atau saat pelantikan, tidak masalah, namun aspirasi tersebut disampaikan sesuai koridor hukum.

Baca juga: Jelang Pelantikan Presiden, Polda Metro Terbitkan Larangan Demo Mulai Besok

Huda menilai pelantikan Presiden-Wakil Presiden Terpilih harus disyukuri bersama karena pelantikan tersebut merupakan capaian demokratis yang dihasilkan dari proses panjang.

"Tentu semua pihak juga harus menghormati fakta politik ini. Apalagi terpilihnya Jokowi-Ma'ruf Amin dari proses yang demokratis," ujarnya.

Huda mengatakan, bagi PKB, pelantikan Jokowi-Ma'ruf merupakan momentum yang harus disyukuri dan dirinya mengajak kader serta konstituen PKB melakukan doa bersama di tempat masing-masing.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Adryan Novandia

Berita Terkait: