Pantau Flash
Ada 200 Agen Umrah yang 'Menjerit' Akibat Kebijakan Arab Saudi
Virus Korona Telah Sampai Afrika, Nigeria Konfirmasi Korban Pertama
Perusahaan Asuransi Mendata Klaim Banjir Jakarta
Kapal Berkecepatan 40 Knot Disiagakan TNI di Pulau Sebaru Jaga WNI
Yasonna Sebut Telah Kantongi Nama Dirjen PAS Baru

PKB Gunakan Jurus Bumi dan Langit Jaring Calon Kepala Daerah

Headline
PKB Gunakan Jurus Bumi dan Langit Jaring Calon Kepala Daerah Ilustrasi Pilkada. (Pantau.com/Amin H. Al Bakki)

Pantau.com - Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Hasanuddin Wahid mengatakan calon kepala daerah pilihan partainya pada Pilkada 2020 tergantung survei langit dan bumi

"Syaratnya cuma dua di PKB itu siapa yang dicalonkan sebagai kepala daerah termasuk di Banjarmasin ini, satu berdasarkan survei langit dan kedua berdasarkan survei bumi," ujarnya di Banjarmasin, Kalsel, Selasa (10/12/2019).

Hasanuddin Wahid hadir di Banjarmasin dalam rangka dialog interaktif "Tantangan merebut suara millenial di Pilwakot Banjarmasin" dan launching buku "Cak Imin Santri Nasionalis" yang digelar PKB Banjarmasin di Hotel Roditha Banjarmasin.

Baca juga: PKB Dukung Penuh Gibran Rakabuming di Pilkada Solo

Menurut dia, siapa kandidat yang memenuhi survei langit dan survei bumi itu dipastikan didukung penuh partainya untuk maju di Pilkada 2020. Untuk survei bumi, jelasnya, terkait popularitas dan elektabilitas menjadi hal yang utama.

"Kalau berdasarkan survei langit itu, maunya Gusti Allah itu siapa," ujarnya.

Karena partainya ini didirikan para ulama, pastinya akan meminta pendapat ulama. "Kita minta beliau-beliau (ulama) istikharah, disebut dengan survei langit itu adalah apa bocorannya dari langit kita tanyakan kepada para kiai dan habaib pengetuk pintu langit," ucapnya.

Baca juga: Eks Koruptor Diperbolehkan Maju Pilkada, KPU Dianggap 'Gatot'

Pastinya, rekomendasi para ulama dan habaib tersebut akan menjadi menjadi sandaran utama bagi pilihan partainya untuk mengusung calon kepala daerah.

Meskipun, tutur Hasanuddin Wahid, partainya menginginkan para kader ikut dalam kontestasi di Pilkada ini, namun tidak menutup kader luar partai untuk maju lewat PKB.

"Semua partai tentunya mementingkan kader, tapi kita ini apa maunya rakyat, bukan maunya PKB, kalau nomor satu PKB itu apa maunya rakyat," tuturnya.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta
Category
Nasional

Berita Terkait: