Pantau Flash
Trump Berharap Seluruh Warga AS Disuntik Vaksin COVID-19 April 2021
Giannis Antetokounmpo MVP NBA 2020, Kalahkan King James dan Harden
Depok Berikan Kelonggaran Terhadap Aktivitas Warga 2 Pekan ke Depan
Rektor IPB Positif COVID-19 Tanpa Tunjukkan Gejala
Tambahan Kasus Harian COVID-19 RI Rekor Lagi, 4.168 Dinyatakan Positif

Polisi Selidiki Penyebab Padamnya Listrik di Pulau Jawa

Polisi Selidiki Penyebab Padamnya Listrik di Pulau Jawa Ilustrasi mati listrik (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Polisi masih menyelidiki penyebab terjadinya pemadaman listrik di Jakarta serta sebagian Jawa Barat dan Jawa Tengah pada  Minggu, 4 Agustus 2019.

Kasus padamnya listrik di pulau dengan populasi terpadat di Indonesia itu tentunya jadi perhatian sejumlah kalangan, lalu akan dicari penyebabnya apakah karena kelalaian atau adanya unsur kesengajaan.

"Hasil investigasi memang ini berhubungan satu dengan lainnya. Saya mendapatkan laporan ketika saya masih di Manado kemarin, mendapatkan laporan dari Kapolrestabes Semarang, yang mendapatkan laporan dari Pam Obvit. Salah satu penyebabnya adalah terganggunya pasokan listrik di turbin (PLTU) Suralaya," kata Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel kepada wartawan, di Kabupaten Banyumas, Selasa (6/8/2019).

Baca juga: Presiden Diminta Bentuk Tim Pemberi Ganti Rugi Imbas Pemadaman Listrik

Ia mengatakan dari hasil investigasi, penyebab terganggunya aliran listrik tersebut karena ada beberapa jaringan saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET) yang korsleting karena terkena pohon di daerah Gunungpati Semarang.

"Ini salah satu penyebabnya, namun penyebab-penyebab lainnya masih dilakukan investigasi. Yang jelas, kepolisian sudah melakukan investigasi apakah ada unsur kesengajaan atau ada unsur kelalaian atau ada unsur sabotase. Namun hasil penyidikan kami kemarin, karena memang faktor dari alam," tegasnya.

Ia menduga pemadaman listrik tersebut terjadi karena petugas PLN kurang memerhatikan pohon-pohon yang sudah menjulang tinggi di bawah kabel-kabel SUTET.

"Sudah dilakukan perbaikan dan sudah menjadi isu nasional sekarang," katanya.

Baca juga: Tilang Elektronik Menurun saat Pemadaman Listrik di Jakarta

Ia mengatakan di PLN ada petugas yang melakukan patroli pemeriksaan terhadap berbagai pohon yang ada di bawah jaringan listrik.

Menurut dia, petugasnya memang sudah ada di daerah itu dan telah memotong pohon namun ada lompatan listrik.

"Saya mendapat informasi jika salah seorang petugas terluka karena sengatan listrik," katanya. 

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Adryan Novandia

Berita Terkait: