Polisi Tegaskan Kasus Meme Stupa Candi Borobudur Roy Suryo akan Berlanjut hingga Pengadilan

Headline
Roy Suryo usai menjalani pemeriksaan selama 10 jam di Gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (28/7/2022). ANTARA/HO-Polda Metro Jaya

Pantau – Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo tidak ditahan usai ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penistaan agama.

Roy diduga menistakan agama dengan unggahan meme stupa Candi Borobudur berwajah mirip Jokowi.

Meski tidak ditahan, namun polisi menegaskan kasus yang menjerat mantan politikus Partai Demokrat itu akan tetap berlanjut hingga persidangan.

“Kasus ini akan berlanjut. Kita sekarang sedang melengkapi berkasnya. Nanti kalau sudah lengkap, dikirim ke kejaksaan. Apabila dinyatakan lengkap, baru tahap dua, lanjut proses persidangan,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan, Senin (1/8/2022).

Menurut Zulpan, Roy sudah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka. Sehingga saat ini penyidik sedang melengkapi berkas kasus ini agar bisa diserahkan ke kejaksaan.

“Dipastikan kasus ini akan berlanjut,” tegasnya.

Zulpan menjelaskan alasan penyidik tidak melakukan penahanan terhadap Roy.

“Di antaranya atas dasar Roy Suryo kooperatif, kemudian tidak akan melarikan diri, tidak akan menghilangkan barang bukti, dan sebagainya,” ujar Zulpan.

Roy Suryo disangka melanggar Pasal 28 ayat (2) Jo Pasal 45 (a) ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan atau Pasal 156 (a) KUHP dan atau Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1945 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Tim Pantau
Editor
Aries Setiawan