Pantau Flash
Kapolsek Parigi Perkosa Anak Tersangka, Kapolda Sulteng Minta Maaf
31 Gempa Susulan Guncang Semarang hingga Minggu Siang
Buka Festival Sriwijaya XXIX, Sandiaga Uno Harapkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumsel Segera Bangkit
Panglima TNI Bilang TNI dan Polri Adalah Ujung Tombak Penanggulangan COVID-19
YLKI Sebut Aturan Wajib PCR Penumpang Pesawat Diskriminatif, Minta Jangan Ada Aura Bisnis dan Pihak yang Diuntungkan

Polri Klaim Situasi Papua Barat Kondusif

Polri Klaim Situasi Papua Barat Kondusif Kerusuhan Manokwari (Foto: Antara/Toyiban)

Pantau.com - Polri mengklaim kondisi dan situasi di wilayah Papua Barat telah berangsur-angsur membaik. Bahkan, masyarakat disebut dapat beraktvitas dengan normal seperti pada sebelum terjadinya insiden kericuhan.

Kabag Penum DivHumas Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra menyebut kondisi wilayah Papua Barat telah dianggap normal dengan tolak ukur anak-anak dapat kembali mengenyam pendidikan.

"Kemarin anak-anak sekolah sempat diliburkan, namun hari ini bisa bersekolah, kemudian sarana publik juga mulai beraktivitas kembali," ucap Asep di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (22/8/2019).

Baca juga: Kapolda: Kamtibmas Papua Sudah Kondusif dan Aman

Meski demikian, Asep menyebut bahwa aparat gabungan saat ini masih bersiaga dibeberapa titik. Hal itu dilakukan guna mengantisipasi kembali terjadinya kericuhan atau aksi susulan.

"Tetap kewaspadaannya dijaga bersamaan seluruh stakeholder yang ada di Papua Barat, Polri dan TNI tetap bersiaga adanya kemungkinan-kemungkinan yang lain," tegas Asep.

Baca juga: Khofifah Indar Parawansa: Salam Papeda dari Masyarakat Jawa Timur

Bahkan, untuk menjaga kondisi tetap aman dan kondusif, sambung Asep, aparat gabungan telah menggelar pertemuan antara seluruh Forkominda di wilayah Papua Barat bersama seluruh tokoh agama, tokoh masyarakat, hingga tokoh adat.

"Sehingga dalam hal ini diharapkan kohesi sosialnya atau kebersamaannya kembali sudah akan terbangun dan semua punya komitmen," pungkas Asep.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - RZK

Berita Terkait: