Pantau Flash
OJK Stop 589 Usaha Pinjaman Daring Ilegal
Revitalisasi BUMDes, Kemendes PDTT Berikan Nomor Registrasi
MPR Dukung Anggaran Sektor Pertanian Ditambah untuk Atasi COVID-19
Rekor Lagi! Ada 1.853 Kasus Baru, Total Positif COVID-19 RI 68.079
OJK Catat 5,29 Juta Debitur UMKM Terima Restrukturisasi Kredit

Posisi Amien Rais di PAN Spesial, Meski Tak Ada di Dalam Struktur

Posisi Amien Rais di PAN Spesial, Meski Tak Ada di Dalam Struktur Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan (dua kanan) dan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais (tiga kanan). (Foto: Antara/Fathur Rochman)

Pantau.com - Ketua Umum DPP PAN terpilih Zulkifli Hasan mengatakan posisi politisi senior PAN Amien Rais spesial di partai politik berlambang matahari terbit tersebut.

"Pak Amien adalah pendiri PAN, pendiri utama. Jadi Pak Amien spesial di PAN," kata Zulkifli di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Dia menilai Amien merupakan tokoh dan pemimpin di PAN sehingga posisinya tidak tergantikan.

Baca juga: PAN Akui Sudah Terima SK Menkumham Soal Kepengurusan 2020-2025

Politisi PAN Yandri Susanto enggan mengomentari terkait posisi Amien dalam kepengurusan PAN 2020-2025.

Namun menurut dia, posisi Ketua Dewan Kehormatan PAN yang sebelumnya dijabat Amien Rais, saat ini digantikan oleh Sutrisno Bachir dan Hatta Rajasa sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Partai.

"Persoalan posisi Pak Amien, bang Zul (Zulkifli Hasan) menyampaikan bahwa beliau tetap spesial di PAN. Dan kalau istilah saya, Pak Amien tetap tertinggi, tidak ada yang bisa menandingi siapapun," katanya.

Menurut dia, walaupun Amien tidak ada dalam struktur PAN, namun fungsi dan keberadaannya tidak ada yang bisa menandingi sehingga posisinya tetap tertinggi.

Baca juga: Soal Usulan PT 7 Persen, Akademisi: Hanya Perkuat Dominasi Oligarki Politik

Yandri mengatakan secara substansi, posisi Amien di PAN tidak ada yang bisa menggantikan dan terkait struktur partai mungkin ada rotasi yang merupakan bagian dari sistem pengkaderan.

"Kami ini kan kader-kader Pak Amien, Mas Tris (Sutrisno Bachir), Bang Hatta (Rajasa), Bang Zul (Zulkifli Hasan) semua merupakan kader Pak Amien," katanya.


Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Adryan Novandia

Berita Terkait: