Pantau Flash
Peneliti Indonesia Ikut Riset Gabungan Temuan Obat Covid-19 di Bawah WHO
Presiden Jokowi: Pemerintah dengan BI dan OJK Optimalkan Kebijakan Moneter
Kepanikan Akibat Korona Mereda, BI: Modal Asing Mulai Masuk
Seluruh Atlet PBSI Negatif COVID-19 Usai Jalani Rapid Test
Pegadaian Ajak Masyarakat untuk Gunakan Transaksi Digital

PPP dan Gerindra Siap Koalisi Taklukkan 8 Kabupaten/Kota di Jawa Barat

Headline
PPP dan Gerindra Siap Koalisi Taklukkan 8 Kabupaten/Kota di Jawa Barat Wakil Gubernur Jawa Barat UU Ruzhanul Ulum (ketiga kiri) (Foto: Antara/Risky Andrianto)

Pantau.com - Wakil Ketua DPD Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan PPP dan Partai Gerindra tengah menjajaki kesepakatan untuk berkoalisi di Pilkada Serentak 2020 di delapan kabupaten/kota Jabar.

"Jadi dalam pertemuan (antara petinggi PPP dengan Prabowo Subianto) itu ada kesepakatan kesepahaman pilkada serentak di kota kabupaten/kota tahun depan, bahwa diharapkan PPP bergabung berkoalisi dengan Gerindra di delapan kota dan kabupaten," kata Uu Ruzhanul Ulum di Bandung, Senin (9/9/2019).

Baca juga: Wagub Jabar Dinilai Bersiap 'Balik Kanan' dari Ridwan Kamil

Uu mengatakan salah satu daerah yang masuk pembahasan dalam kesepakatan PPP dengan Gerindra dalam Pilkada Serentak 2020 ialah Tasikmalaya. Di kota santri itu, kedua partai akan menggandeng pengusaha bus setempat.

"Termasuk Tasikmalaya. Kalau Tasik dan Garut sudah kami tindaklanjuti dengan bertemu Amir Mahmud sebagai pengusaha Bus Primajasa karena terkenal, maka sudah bicara angka, kampanye, untuk bupati, sudah ada progres. Itu yang jadi prioritas kami dan Pak Prabowo," katanya.

Uu menuturkan, wacana koalisi antardua partai yang berseberangan saat Pilgub Jabar 2018 lalu itu, didasarkan langkah pertemuan antara Ketum PPP Suharso Monoarpa dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor, beberapa waktu lalu.

"Kemudian menukik ke Jabar, di Jabar ada kesepakatan kesepahaman, pertama Fraksi PPP bergabung dengan Fraksi Gerindra. Jadi Fraksi Gerindra 25 kursi. PPP tigao kursi, jadi ageung (besar)," kata Uu.

Uu yang menjabat sebagai Wakil Gubernur Jabar ini mengaku bersyukur dengan keputusan tersebut bahkan dirinya menilai hal tersebut merupakan sebuah penghargaan.

"Saya bersyukur, menghormat kepada Gerindra, yang memberikan AKD kepada kami yang begitu sempurna. Di Banggar dikasih padahal cuma tiga di alat kelengkapan yang lain kami dikasih," katanya.

Baca juga: Jawa Barat Ingin Pindahkan Ibu Kota, Ini Kata Ahmad Heryawan

"Juga untuk nama, katanya dengar-dengar gerakan persatuan atau gerakan pembangunan, yang nama PPP terbawa, ini sebuah penghargaan bagi kami," lanjut dia.

Lebih lanjut Uu mengatakan kepastian PPP akan bergabung dengan Partai Gerindra di DPRD Jabar akan diputuskan oleh tingkat DPP partai masing-masing besok.

"Kami semua kembalikan kepada fraksi, di sini mungkin Fraksi PPP dan Bu Ade Yasin (Ketua DPD PPP Jabar), saya sebagai wakil, kepastian besok Selasa. PPP ke mana nih," kata dia.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Adryan Novandia

Berita Terkait: