Presiden Bakal Cairkan Rp50 Juta per Jiwa untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Headline
Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan pers terkait tragedi Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Minggu (2/10/2022). (YouTube Sekretariat Presiden)Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan pers terkait tragedi Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Minggu (2/10/2022). (YouTube Sekretariat Presiden)

Pantau – Ketua Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGI PF) Mahfud MD mengatakan akan mencairkan santunan dana untuk ratusan korban yang gugur di Stadion Kanjuruhan.

Hal tersebut dipaparkan Mahfud saat memimpin TGI PF yang dibentuk pemerintah dalam mengusut kasus dalam tragedi Kanjuruhan.

“Presiden akan memberikan santunan untuk masing-masing korban Rp50 juta dan akan segera dieksekusi dalam sehari dua hari ini,” uajrnya dalam konferensi pers di kantornya, Senin (3/10/2022).

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) juga menegaskan, biaya pengobatan di berbagai rumah sakit yang terdampak akan ditangani oleh Kementerian Kesehatan.

“Kementerian Kesehatan akan menangani pengobatan korban yang luka-luka di rumah sakit dengan biaya gratis dari negara atau dari pemerintah. Beban biaya pengobatan dan perawatan dapat dikoordinasikan dengan Pemda setempat,” ujar Mahfud.

Imbas dari tewasnya lebih dari seratus suporter di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur pemerintah membentuk Tim Gabungan Independen (TGI PF) untuk mengungkap siapa dalangnya.

Berikut nama-nama TPF:

Ketua : Menko Polhukam – Prof. Mahfud MD
Wakil Ketua : Menpora – Zainudin Amali
Sekretaris : Dr. Nur Rochman, SH., MH, – Mantan Jampidum atau Jaksa Agung Muda Pidana Umum dan Mantan Deputi 3 Kemenko Polhukam

Anggota :
1. Prof. Dr. Rhenald Kasali (Akademisi/UI)
2. Prof. Dr. Sumaryanto (Rektor UNY)
3. Akmal Marhali (Pengamat Olahraga/Koordinator Save Our Soccer)
4. Anton Sanjaya (Jurnalis Olahraga Harian Kompas)
5. Nugroho Setyawan (Mantan Pengurus PSSI dengan Lisensi FIFA)
6. Letjen TNI (Purn.) Doni Monoardo (Mantan Kepala BNPB)
7. Mayjen TNI (Purn.) Dr. Suwarno S.IP.,M.Sc (Wakil Ketum 1 KONI)
8. Irjen Pol.(Purn.) Sri Handayani (Mantan Wakapolda Kalimantan Barat)
9. Laode M. Syarief, SH.,LLM., Ph.D (Kemitraan/Mantan Pimpinan KPK)
10. Kurniawan Dwi Yulianto (Mantan Pemain Timnas/ APPI)

Tim Pantau
Editor
Desi Wahyuni
Penulis
Desi Wahyuni