Pantau Flash
KPK Tetapkan Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin Tersangka
Covid-19 RI 16 Oktober: Kasus Positif Naik 997 dengan Pasien Sembuh 1.525
Buntut Kabur Karantina, Polda Metro Jaya Bakal Periksa Rachel Vennya 21 Oktober
Polda Metro Gerebek Holywings Tebet, Ada Ratusan Orang Masih Berkerumun
Jokowi Ogah Manjakan BUMN Sakit: Terlalu Sering Dapat Proteksi, Maaf Enak Sekali

Presiden Jokowi Sebut Situasi di Tanah Papua Sudah Berangsur Normal

Presiden Jokowi Sebut Situasi di Tanah Papua Sudah Berangsur Normal Presiden Jokowi saat jumpa pers (Foto: Antara/Arif Firmansyah)

Pantau.com - Presiden Jokowi Widodo menyebutkan jika kondisi di Papua kini sudah berangsur normal, usai terjadinya kerusuhan atas reaksi pengepungan mahasiswa Papua di Surabaya.

"Saya terus mengikuti perkembangan yang ada di Tanah Papua, dan alhamdulillah situasi sudah berjalan normal kembali," ujar Jokowi kepada awak media saat konferensi pers di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis petang (22/8/2019).

Baca juga: Polri Klaim Situasi Papua Barat Kondusif

Menurutnya, permintaan maaf atas rentetan kejadian itu sudah disampaikan sebagai wujud kebesaran hati pemerintah dan masyarakat Papua untuk saling memaafkan. Terlebih, ia mengaku sudah menugaskan Kapolri dan Panglima TNI untuk menindak para oknum yang terlibat.

"Saya juga telah memerintahkan Kapolri untuk menindak secara hukum tindakan diskriminasi, ras dan etnis yang rasis secara tegas," tuturnya.

Baca juga: Rajut Asa Menjaga Tanah Papua di Dalam NKRI

Adapun permasalahan yang terjadi belakangan mengenai pemblokiran di sebagian wilayah Papua menurutnya dilakukan demi keamanan bersama. Antara lain, untuk mencegah situasi memanas kembali.

"Ya itu semuanya untuk kepentingan, kebaikan kita bersama," kata Jokowi.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Kontributor - TIH

Berita Terkait: