Pantau Flash
Sri Mulyani Usul Minuman Manis dalam Kemasan Jadi Objek Cukai
Wabah Virus Korona Dongkrak Harga Emas ke Level Tertinggi
Ketua DPRD Sebut Surat Anies Baswedan Soal Formula E Ilegal
Freeport Keluarkan Kocek 600 Juta Dolar AS untuk Bangun Smelter
Victoria Keluarkan Peringatan Berhati-hati Terhadap WNI Terkait Korona

Presiden Resmikan Esemka, Fadli: Tak Ada Kaitannya dengan Esemka Jokowi!

Presiden Resmikan Esemka, Fadli: Tak Ada Kaitannya dengan Esemka Jokowi! Fadli Zon (Foto: Pantau.com/Bagaskara Isdiansyah)

Pantau.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik otomotif karya anak bangsa PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019).

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menilai apa yang diresmikan Jokowi di Boyolli bukanlah Esemka yang sama dengan dijanjikan mantan walikota Surakarta tersebut pada beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Esemka di Boyolali

"Saya baca Esemka itu tidak ada kaitannya dengan Esemkanya Pak Jokowi ya. Dan Esemka yang diresmikan sekarang ini bukan mobil nasional, jadi mungkin mereknya aja kali sama," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (6/9/2019).

Seharusnya menurut Fadli jika dilihat dari kontennya mobil Esemka dalam negeri adalah mobil yang dibangun di Indonesia. Ia mengatakan, jika sudah ada pengakuan bahwa Esemka bukan mobil nasional menandakan komponen yang pakai bukan asli dibuat dari Indonesia.

"Nah itu harus terbuka lah transparan tapi saya kira kejujuran bahwa itu bukan mobil nasional itu menandakan bahwa ini bukan komponen nasional yang mayoritas siapa tahu ini mobil dari Cina sana dibikin di Indonesia dirakit kan siapa tahu gitu. Kalau gitu mah semua orang juga bisa," ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden turut didampingi Direktur Utama PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka), Edi Wirajaya, dan sejumlah menteri antara lain Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Jaksa Agung HM Prasetyo, anggota DPR RI Komisi VIII Budiman Sudjatmiko, Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin, dan Bupati Boyolali Seno Samodro.

Presiden sebelum meresmikan fasilitas produksi dan produk mobil Esemka melihat-lihat proses produksi mobil Bima. Truk ringan Esemka Bima 1.3 hadir dengan kabin yang lega serta ruang kargo yang luas cocok untuk lebih banyak muatan. Dilengkapi dengan mesin 1.3 L Dohc 16 v yang tangguh dan bertenaga.

Menurut Direktur Utama PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka), Edi Wirajaya dengan peresmian fasilitas produksi dan produk Esemka oleh Presiden Jokowi ini, pihaknya mengucapkan banyak terima kasih.

"Saya bersama karyawan berterima kasih atas semua dukungan dan partisipasi dari berbagai pihak sehingga kami berhasil membangun pabrik bersama fasilitasnya, dimana brand dan principalnya Indonesia yakni Esemka," kata Edi.

Baca Juga: Hmmmm.... Jelang Pilpres Mobil ESEMKA Berikan Kabar, Ada Apa Nih?

Pihaknya menegaskan Esemka merupakan perusahaan swasta nasional yang 100 persen dimiliki oleh swasta. "Kami bukan mobil nasional yang dipahami orang selama ini, Esemka mobil buatan Indonesia karya anak bangsa sendiri," tandasnya.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Category
Nasional

Berita Terkait: