Pantau Flash
Bayi 50 Hari Asal Cirebon Positif Korona Usai Diajak Orangtua ke Hajatan
Update COVID-19 di Indonesia: Jumlah Positif 30.514, Pasien Sembuh 9.907
KSP: Pemerintah Berhati-hati dan Tetap Waspada Memasuki Era New Normal
Meutya Hafid: Kepemimpinan Penerapan New Normal Tetap di Pemerintah Sipil
KPU dan Kemendagri Sedang Siapkan Protokol Kesehatan Tahapan Pilkada 2020

Profil 3 Calon Ibu Kota Baru Jawa Barat Pengganti Kota Bandung

Headline
Profil 3 Calon Ibu Kota Baru Jawa Barat Pengganti Kota Bandung Gedung Sate (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil sedang mengkaji rencana pemindahan ibu kota provinsi dari Kota Bandung ke tempat lain. Kajian tersebut sudah masuk dalam Perda Perubahan atas Perda Jabar Nomor 22 Tahun 2010 tentang RTRW Jabar Tahun 2009-2029.

"Jadi di dalam Segi Tiga Rebana (Cirebon-Patimban-Kertajati) sudah masukkan, penataan jalur transportasi sudah masuk," kata pria yang akrab disapa Emil di Aula Barat Gedung Sate, Bandung, Kamis (29/8/2019).

Menurut dia, di dalam revisi tersebut termasuk persetujuan wacana perpindahan pusat pemerintahan yang akan dikaji lebih lanjut oleh Pemprov Jabar dalam waktu tak terlalu lama.

Baca juga: Jawa Barat Juga Ingin Pindahkan Ibu Kota

"(Lokasi pemindahan ibu kota Provinsi Jabar) Itu ada di Tegalluar, Walini, atau Segi Tiga Rebana juga, karena pada dasarnya secara fisik Kota Bandung sama seperti Jakarta sudah tidak cocok lagi melayani pusat pemerintahan," katanya.

Emil mengatakan masih terpisah-pisahnya kantor pemerintahan Pemprov Jawa Barat di berbagai lokasi di Kota Bandung membuat roda pemerintahan tidak produktif.

Berikut profil tiga wilayah yang jadi calon ibu kota baru Jawa Barat itu: 

1. Tegalluar

Tegalluar (Foto: tangkapan layar)

Tegalluar merupakan wilayah yang berada di sebelah tenggara Kota Bandung. Secara administratif, Tegalluar masuk ke dalam Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Dalam Angka yang diterbitkan BPS Kabupaten Bandung pada 2017, Tegalluar merupakan desa terbesar di Kecamatan Bojongsoang. Tegalluar memiliki luasan 26,39 persen dari Kecamatan Bojongsoang, seluas 682,50 hektare.

Di Kecamatan Bojongsoang, ada enam desa termasuk Tegalluar, yakni Bojongsari, Bojongsoang, Lengkong, Cipagalo, dan Buahbatu.

Tegalluar termasuk dalam kawasan proyek LRT (Light Rail Transit).

Proyek LRT yang dibangun di Tegalluar itu akan menghubungkan Stasiun Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung di Tegalluar dengan pusat Kota Bandung.


2. Walini

Tegalluar (Foto: tangkapan layar)

Walini masuk ke dalam wilayah Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat. Walini diproyeksi akan menjadi pusat bisnis internasional, dan pemukiman berwawasan ramah lingkungan menggantikan kawasan Bandung Raya yang padat. Walini akan terhubung dengan jalur Kereta api cepat Jakarta-Bandung,

Dilihat dari laporan Kecamatan Cikalong Wetan yang dipublikasikan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Bandung Barat pada 2018 terdapat 13 desa di Kecamatan Cikalong Wetan.

Desa tersebut adalah Kenangasari, Mandalasari, Mekarjaya, Cipada, Ganjarsari, Mandalamukti, Ciptagumati, Cikalong, Rende, Puteran, Tenjolaut, Cisomang Barat, dan Wangunjaya.

Baca juga: Bakal Ada Tiga Kabupaten Baru di Jawa Barat, Apa Saja?

3. Rebana

Segitiga Rebana (Foto: Disparbud Jabar)

Segitiga Rebana (Cirebon-Kertajati-Patimban) turut diproyeksikan jadi salah satu calon ibu kota baru Jawa Barat. Kawasan ini digadang-gadang jadi pusat industri  dan perekonomian Jabar. 

Selain itu disebut-sebut Segitiga Rebana itu menjadi kawasan emas, maju dan futuristik di Jawa Barat. Kawasan itu pun telah diajukan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) industri.

Segitiga Rebana memiliki berbagai infrastruktur memadai, yakni kawasan Pelabuhan Patimban di Subang, Bandara International Kertajati di Majalengka, dan Pelabuhan Cirebon. Selain itu, di sana juga dilewati dua tol penting, yakni Cipali dan Cisumdawu yang masih dalam proses pengerjaan. 

Dengan memiliki luas area pemukiman 38.352 hektare, kawasan itu dihuni 3,39 juta jiwa.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Kontributor - TIH

Berita Terkait: