Pantau Flash
KSP: Pemerintah Berhati-hati dan Tetap Waspada Memasuki Era New Normal
Meutya Hafid: Kepemimpinan Penerapan New Normal Tetap di Pemerintah Sipil
KPU dan Kemendagri Sedang Siapkan Protokol Kesehatan Tahapan Pilkada 2020
Sisa Laga Kualifikasi PD 2022 Zona Asia Akan Dilanjutkan Oktober-November
Studi: Vitamin K dalam Bayam, Telur, dan Keju Bantu Cegah COVID-19

Profil Ahmad Riza Patria, Jagoan Gerindra yang Jadi Wagub DKI Jakarta

Headline
Profil Ahmad Riza Patria, Jagoan Gerindra yang Jadi Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (Antara)

Pantau.com - Ahmad Riza Patria akhirnya berhasil duduk di kursi wakil gubernur DKI Jakarta setelah melalui proses yang panjang. Bagaimana tidak, dua partai pengusung Anies Baswedan-Sandiaga Uno, yakni Gerindra dan PKS saling tarik ulur untuk mengisi posisi pengganti Sandiaga Uno yang jadi cawapres Prabowo Subianto,

Namun, pada Senin, 6 April 2020, melalui Rapat Paripurna di Gedung DPRD DKI Jakarta, Ahmad Riza mengungguli pesaingnya dari PKS, Nurmansyah Lubis dengan 81 berbanding 17 suara, dengan 2 suara tidak sah.

Nama Ahmad Riza Patria bukanlah nama asing di kancah politik Tanah Air. Pria kelahiran Banjarmasin, 17 Desember 1969 ini mulai bergabung dengan Gerindra sejak awal berdiri, tahun 2008. Sebelumnya selama lima tahun sejak 2003, ia adalah anggota Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta.

Baca juga: Ahmad Riza Patria Terpilih Jadi Cawagub DKI Jakarta Pendamping Anies

Ia pun pernah didaulat menjadi tim pemenangan Prabowo di tiga kali pemilu pada 2009, 2014, dan 2019.

Karir politik pria yang memiliki tiga orang anak ini makin moncer bersama Gerindra. Ia berhasil terpilih jadi anggota DPR RI dari partai Gerindra dua periode berturut-turut, yakni 2014-2019 dan 2019-2024. 

Selain itu, dia pun dipercaya menduduki  posisi Wakil Ketua Komisi II DPR-RI 2014-2019, Wakil Ketua Fraksi Gerindra MPR-RI 2014-2019, Wakil Ketua Komisi V DPR RI 2019-2024, dan Ketua Fraksi Gerindra MPR-RI 2019-2024.

Riza juga pernah menjadi Ketua DPD KNPI DKI Jakarta pada 1999-2002 dan 2002-2005, kemudian bertarung menjadi Ketua Umum DPP KNPI dengan Aziz Syamsudin, serta Idrus Marham.

Baca juga: Kosongnya Kursi Wagub DKI Digugat ke MK, Diminta Melalui Pemilu

Selain itu, Riza juga tercatat sebagai Ketua Umum DPN Garda Muda Merah Putih (GMMP), dan Komandan Nasional Menwa Indonesia, pengurus DPP GEMA MKGR, Wasekjen KAHMI DKI Jakarta, Wakil Kepala Humas PBSI, Director IRInYI for Young MDGs (International Relationship of Indonesian Youth Institute for Young Millenium Development Goals), Sekjend DPP Persatuan Anak Guru Indonesia (PAGI), Anggota Indonesian Council of World Affair (ICWA), dan berbagai organisasi lainnya.

Mantan anggota KPU DKI Jakarta itu, merupakan putra Ketua MUI Amidhan Shaberah, dan aktif menggeluti dunia bisnis dengan jabatan Direktur Utama PT Gala Ariatama tersebut, saat ini juga tercatat sebagai pengurus Kadin Indonesia dan sempat menjadi pengurus BPD HIPMI Jaya 2001-2003.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia

Berita Terkait: