PT MAG Diamond Laporkan WNA Filipina ke Polda Bali terkait Kasus Dugaan Penipuan 350 Calon PMI

Headline
Ilustrasi penipuan (Foto: Freepik)

Pantau – PT Mutiara Abadi Gusmawan (MAG) Diamond melaporkan Gina Agoylo Cruz karena merasa turut menjadi korban penipuan yang dilakukan oleh Warga Negara Asing (WNA) asal Filipina itu.

Laporan tersebut berkaitan dengan kasus yang sedang ramai diperbincangkan yakni kasus dugaan penipuan terhadap 350 calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Bali.

Direktur PT MAG Diamond, Muhammad Akbar Gusmawan, bersama pengacaranya, H. Wahyu Firman Afand, melaporkannya ke Polda Bali pada Kamis (22/9/2022).

“Pada hari Kamis tanggal 22 September 2022 saya bertindak selaku kuasa hukum dari Bapak Muhammad Akbar Gusmawan selaku direktur PT MAG melakukan pelaporan tindak pidana penipuan saudari Gina Agoylo Cruz di Polda Bali,” ujar Wahyu, Sabtu (24/9/2022).

Gusmawan mengatakan, sebelumnya ada nomor telepon lain yang mengatasnamakan dirinya. Saat itu dirinya merasa bahwa itu merupakan penipuan.

“Ketika saya tahu ada nomor telepon lain yang mengatasnamakan saya dan informasi-informasi yang tidak valid bahwa saya berada di Filipina tanggal 30 sampai 31 Agustus lalu. Saya sadar bahwa ini murni penipuan dan saya langsung menyiapkan bukti-bukti bahwa perusahaan ini sepenuhnya dikendalikan oleh Gina Agoylo Cruz,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 350 orang calon PMI diduga ditipu oleh PT. MAG Diamond. Dari ratusan korban itu, bar 16 orang yang melapor ke Polda Bali.

Semua korban merupakan warga Bali yang dijanjikan bekerja di sejumlah sektor di Jepang dan Australia, seperti perkebunan, spa, hotel, restoran dan lain sebagainya.

“Laporan korban sudah kami tindaklanjuti dan periksa. Ada yang sudah bayar ke PT Rp 22 juta untuk bekerja di bidang spa, Rp 30 juta untuk perkebunan, dan Rp 30-35 juta untuk perhotelan,” kata Panit II Unit III Subdit IV Ditreskrimsus Polda Bali Bidang Ketenagakerjaan, AKP Si Ketut Arya Pinatih, Jumat (23/9/2022).

Hingga kini, penyidik Ditrekrimsus Polda Bali tengah melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk membuat peristiwa hukum tersebut menjadi terang.

 

Baca Juga: Kasus Dugaan Penipuan 350 Calon PMI di Bali, Korban Setor Puluhan Juta

Tim Pantau
Editor
Firdha Rizki Amalia