Pantau Flash
Polisi Siapkan Skenario One Way-Contraflow Antisipasi Libur Panjang
Total Kasus Positif COVID-19 di Indonesia Mencapai 392.934 per 26 Oktober
Presiden Jokowi Minta Pengadaan Vaksin COVID-19 Tidak Tergesa-gesa
Ada Rencana Aksi Demo saat Libur Panjang 28-30 Oktober 2020
BPPTKG: Waktu Erupsi Gunung Merapi Semakin Dekat

Revisi UU KPK Dikebut dalam Semalam? Fahri Hamzah Angkat Bicara

Revisi UU KPK Dikebut dalam Semalam? Fahri Hamzah Angkat Bicara Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah (Foto: Pantau.com/Bagaskara Isdiansyah))

Pantau.com - Di akhir masa jabatan DPR periode 2014-2019 tampaknya parlemen lebih sibuk daripada biasanya. Pembahasan baik itu rancangan dan revisi undang-undang seakan dikebut dalam satu malam. Hal tersebut pun tak ayal menimbulkan kecurigaan di masyarakat.

Sebut saja yang menjadi sorotan yakni revisi UU nomor 30 tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Revisi UU KPK dinilai terlalu terburu-buru dalam pembhasan dan pengesahannya. Menjawab hal itu Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah angkat bicara.

"Ya karena ini udah diujung. Semua undang-undang begitu. Ini ada 8 sampai 10 undang-undang yang dalam antrean, dan rapatnya sama (dengan RUU KPK)," kata Fahri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (17/9/2019).

Baca Juga: KPK Telah Kirim Surat ke DPR, Minta Tunda Pengesahan Revisi UU KPK

Menurutnya, selain UU KPK juga masih banyak UU yang sedang menjadi pembahasan dan akan segera disahkan. Soal kenapa dikebut diakhir, menurutnya hal ini lantaran memang tugas DPR akan berakhir pada akhir bulan September ini.

"Ini masih ada lagi Undang-Undang Pertanahan, ada undang-undang yang terkait dengan pertanian, dan sebagainya, pertahanan juga ada, banyak. Memang semua lagi ngantre, ya kalau sekarang di final kan karena memang masa tugas akan berakhir begitu," sambungnya.

Seperti diketahui, DPR dan pemerintah pada Senin malam 16 September 2019 akhirnya menyepakati poin-poin yang ada dalam revisi UU KPK. Poin yang selama ini menjadi kontroversi seperti keberadaan Dewan Pengawas KPK pun turut disepakati untuk dibawa ke Rapat Paripurna.

Baca Juga: Tok! Lima Pimpinan Baru KPK Resmi Disahkan DPR

Rencananya setelah kesepakatan tadi malam, DPR pada Selasa ini (17/9/2019) akan segera membawa RUU KPK ke dalam Rapat Paripurna untuk segera disahkan menjadi UU KPK.

"Betul (akan disahkan dalam rapat paripurna hari ini). Tempus fugit, time flies. Sudah semakin padat acara jelang akhir masa jabatanjabatan," kata Anggota Baleg DPR fraksi PDIP Hendrawan Supratikno kepada wartawan, Selasa.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta

Berita Terkait: