Pantau Flash
6 Pekerja Pabrik Bir Tewas dalam Penembakan Brutal di Winconsin AS
DPR Lantik Tiga PAW, Dua dari PDIP dan Satu Nasdem
Menteri Edhy Bertolak ke Australia Bahas Budidaya Lobster
Arab Saudi Berhentikan Sementara Pelayanan Umrah Gara-gara Korona
'Wanita Bisa Hamil di Kolam Renang' Jadi Sorotan Media Internasional

Ridwan Kamil Imbau Warga Papua di Jawa Barat Jaga Kekompakan dan Persatuan

Headline
Ridwan Kamil Imbau Warga Papua di Jawa Barat Jaga Kekompakan dan Persatuan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Foto: Dok. Humas Pemprov Jabar)

Pantau.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengajak seluruh warga Papua yang tinggal di Jabar untuk senantiasa menjaga kekompakan dan kesatuan di tengah keberagamaan.

"Saya ingin tegaskan di sini bahwa Jawa Barat bagian dari Indonesia, termasuk Papua. Kita harus saling menjaga kekompakan dan kesatuan. Dan hal yang lain-lain bisa dibicarakan dan didiskusikan," ujar Ridwan Kamil, Senin, 19 Agustus 2019.

Baca juga: Polri Beberkan Penyebab 3 Anggotanya Terluka saat Aksi Kerusuhan Manokwari

Pria yang akrab disapa Emil itu mengatakan, dinamika yang melibatkan warga Papua di berbagai daerah tak akan terjadi di provinsi yang dia pimpin.

Orang nomor satu di Provinsi Jawa Barat ini optimistis warganya, termasuk warga Papua di Jawa barat bisa menyikapi sebuah persoalan ini dengan dewasa dan senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan.

"Kalau warga Jabar mah, sejauh ini, alhamdulillah selalu mengedepankan dialog. Segala sesuatunya bisa didiskusikan," katanya.

Ia menyatakan pihaknya sangat terbuka dan melindungi keberadaan warga Papua di Jabar dan ini menunjukkan sikap sebagai tuan rumah yang baik.

"Waktu dulu, pas saya jadi Wali Kota Bandung, saya mengajak warga Papua piknik satu bus ke Pangandaran, menginap main bola. Itu menandakan kita ingin maju sama-sama," kata dia.

Baca juga: Polri Bantah Ada Polisi Tertembak saat Aksi Demonstrasi di Jayapura

Dia mengatakan, warga Papua juga merupakan bagian dari NKRI yang harus diperlakukan sama dengan masyarakat lainnya.

"Ini adalah bagian dari upaya menjadi persatuan dan kesatuan. Jabar Indonesia, Papua juga. Kita harus jaga kesatuan ini," kata dia.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Adryan Novandia
Category
Nasional

Berita Terkait: