Pantau Flash
Positif COVID-19 di RI Naik 3.509 Total Kasus 278.722 per 28 September
MenkumHAM Siap Hadapi Gugatan Tommy Soeharto Soal Partai Berkarya
Polri Limpahkan Kasus Surat Jalan Palsu Djoko Tjandra ke Kejaksaan
Jokowi: Dibandingkan Kematian Rata-rata Dunia, Kita Masih Lebih Tinggi
Jokowi Perintahkan Rencana Vaksinasi COVID-19 Rampung dalam 2 Pekan

RPS di Tangerang Alihfungsi Jadi Lokasi Isolasi Pasien COVID-19

RPS di Tangerang Alihfungsi Jadi Lokasi Isolasi Pasien COVID-19 Wakil Wali Kota Sachrudin memantau lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat isolasi bagi pasien dalam pengawasan. (Foto: Antara)

Pantau.com - Pemerintah Kota Tangerang Banten mengalihfungsikan Rumah Perlindungan Sosial (RPS) yang awalnya rumah singgah bagi lansia menjadi fasilitas isolasi mandiri bagi pasien COVID-19.

Wakil Wali Kota Tangerang H. Sachrudin di Tangerang Rabu, meninjau langsung proses persiapan Rumah Perlindungan Sosial (RPS) yang nantinya akan dipergunakan sebagai tambahan Tempat Isolasi Pasien Dalam Pengawasan.

"Perhatikan alur keluar masuk petugas dan pasien, harus dibedakan," kata Wakil Wali Kota dalam peninjauan yang didampingi Asisten Ekbang Kesra Indri Astuti, Kadinsos Suli Rosadi serta sejumlah jajaran Dinsas Sosial di RPS, Jalan Pintu Air, Neglasari, Rabu (16/9/2020).

Baca juga: Zona Merah COVID-19 di Tangerang Didominasi Klaster Keluarga

Dalam tinjauannya, Sachrudin memeriksa satu demi satu ruangan yang tersedia di area RPS, mulai dari kualitas kamar, tempat tidur dan sanitasi yang ada.

"Semua ruangan harus dibersihkan terlebih dahulu, pastikan ventilasi udaranya juga bagus," ujarnya.

Lebih lanjut Wakil meminta agar selain fasilitas bagi para pasien COVID-19, proses kesiapan juga harus memperhatikan kebutuhan dan unsur kesehatan dari para petugas kesehatan yang nantinya akan melayani pasien di area tersebut.

Baca juga: Sekda DKI Jakarta Saefullah Meninggal Dunia karena COVID-19 di RSPAD

"Area hijau bagi petugas harus dibuat steril dan aman, jadi menghindari penularan dari yang sudah positif COVID-19," ujarnya.

Untuk diketahui, Rumah Perlindungan Sosial (RPS) merupakan fasilitas isolasi yang memiliki fasilitas sebanyak 22 ruangan isolasi dengan jumlah kapasitas tempat tidur sebanyak 60 unit serta 2 ruangan yang diperuntukkan bagi petugas kesehatan.

"Ada beberapa kamar yang bisa dipergunakan untuk pasien dari kluster keluarga, jadi satu kamar bisa lebih dari satu orang," ujar Sachrudin.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta

Berita Terkait: