Ruhut Posting Foto Anies Pakai Koteka telah Melukai Rakyat Papua, Kopatrev: Hukum Harus Tegak!

Headline
Foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenakan pakaian adat Papua. (Twitter Roy Suryo)Foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenakan pakaian adat Papua. (Twitter Roy Suryo)

Pantau – Politikus PDI Perjuangan Ruhut Sitompul mengunggah foto Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengenakan pakaian adat suku Dani, Papua, beserta kotekanya.

Aksi Ruhut ini mendapat kecaman dari berbagai pihak, salah satunya Panglima Komandan Patriot Revolusi (Kopatrev) Petrodes Mega MS Keliduan.

Mega pun melaporkan Ruhut ke Polda Metro Jaya usai dirinya melihat unggahan tersebut pada Rabu, 11 Mei 2022. Mega menilai Ruhut telah menimbulkan kebencian antarsuku, ras dan golongan tertentu.

“Ruhut adalah pem-bully Anies. Ruhut meng-upload foto yang diduga editan menggunakan wajah Anies yang mengenakan pakaian adat Papua, dan sebagai orang yang dengan track record pem-bully Anies, maka diduga kuat foto itu dipakai untuk mengolok-olok Anies,” ujar Mega dilansir detik.com, Sabtu, 14 Mei 2022.

Mega menegaskan sangat tidak pantas pakaian adat Papua yang dinilai begitu sakral dijadikan bahan untuk mengolok-olokan lawan politik.

Dan, yang dilakukan oleh Ruhut itu, ditegaskan Mega, adalah bentuk olok-olokan terhadap Papua.

“Nilai historis dan ingatan rasisme yang terus rakyat Papua terima membuat hal semacam ini tidak bisa dianggap remeh,” tegasnya.

Mega menegaskan tidak melihat siapa orang yang di-bully Ruhut, melainkan aksi yang dilakukannya itu telah melukai orang-orang Papua.

“Kalaupun dilakukan kepada selain Anies, saya akan bersikap sama,” ujarnya.

Oleh karena itu, Mega meminta kepolisian tetap memproses hukum Ruhut. Dia berharap tidak ada lagi aksi rasisme dilakukan hanya untuk menyerang lawan politik.

“Tidak ada lagi rasisme bagi rakyat Papua di Indonesia. Hukum harus tegak lurus,” tegasnya.

Postingan Ruhut

Media sosial Twitter sempat digegerkan dengan sebuah unggahan politikus PDIP Ruhut Sitompul. Ruhut mengunggah sebuah gambar yang menunjukkan editan wajah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenakan pakaian adat suku Dani, Papua.

Tampak foto wajah Anies Baswedan yang tersenyum mengenakan pakaian adat suku Dani Papua beserta kotekanya.

“Ha ha ha kata orang Betawi usahe ngeri X Sip deh,” tulis Ruhut di akun Twitter-nya.

 

Politikus PDIP Ruhut Sitompul mengunggah foto Gubernur Anies Baswedan mengenakan pakaian adat Papua dan memakai koteka. (Twitter)
Politikus PDIP Ruhut Sitompul mengunggah foto Gubernur Anies Baswedan mengenakan pakaian adat Papua dan memakai koteka. (Twitter)
Tim Pantau
Editor
Aries Setiawan
Penulis
Aries Setiawan