SBY Laporkan Pengacara Setnov, Aktivis: Berlebihan!

Susilo Bambang Yudhoyono (Foto: Pantau.com/Ammad)Susilo Bambang Yudhoyono (Foto: Pantau.com/Ammad)

Pantau.com – Pelaporan Susilo Bambang Yudhoyono terhadap pengacara terdakwa Setya Novanto, Firman Wijaya, menuai pro kontra. Aktivis sekaligus ketua Lingkar Madani (LIMA) Ray Rangkuti angkat bicara dan menyebut SBY berlebihan.


“Menurut saya sih, kalau dalam kategori saya, itu berlebihan, tapi kan nggak bisa larang, kecuali lagi-lagi yang bersangkutan (Firman Wijaya) itu berbohong dan nggak ada dasarnya, dan dikait-kaitkan,” ujar Ray Rangkuti, di Jakarta, Rabu (7/2/2018).


Menurut Ray, Firman tidak dapat dikategorikan berbohong lantaran ia hanya mengutip dan menyampaikan kembali apa yang ada dalam fakta persidangan kepada awak media, sebagaimana apa yang disangkakan kubu Demokrat.

“Kecuali itu kabar bohong karena itu jelas fitnah, kalau dia cuma menyatakan sesuatu yang disebutkan di pengadilan menurut saya tidak ada unsur pidananya,” tegas Ray.

Ray menambahkan, sebaiknya polisi melakukan penyelidikan secara bijak dan obyektif terhadap kasus ini karena telah menjadi perhatian publik dan menyangkut nama besar dibaliknya.

“Apakah si pengacara bicara tanpa dasar dan tanpa bukti. Dan apakah pernyataan itu (benar persis) dikeluarkan dari Mirwan,” ucap Ray.

Sebelumnya, mantan Presiden SBY melaporkan Firman Wijaya ke Bareskrim Polri pada Selasa, 6 Februari 2018 atas tuduhan mencemarkan nama baik. Firman Wijaya diduga bersekongkol dengan Mirwan Amir untuk menyeret nama SBY dalam persidangan Setya Novanto terkait kasus korupsi e-KTP.

Tim Pantau
Penulis
Adryan N