Pantau Flash
Jaksa Agung Bantah Pernah Komunikasi dengan Djoko Tjandra
PSBB Ketat Jakarta Kembali Diperpanjang 14 Hari
Kasus Positif COVID-19 di RI Capai 262.022, Jumlah Meninggal Dunia 10.105
Febri Diansyah Mundur dari KPK
Idap Kanker Paru Stadium 4, Suami Bupati Bogor Ade Yasin Tutup Usia

Sebut Rizieq Serobot Doa di Pemakaman, PA 212: Dubesnya Enggak Ada Kerjaan!

Headline
Sebut Rizieq Serobot Doa di Pemakaman, PA 212: Dubesnya Enggak Ada Kerjaan! Habib Rizieq Shihab (Foto: Reuters)

Pantau.com - Sekjen Persaudaraan Alumni (PA 212) Bernard Abdul Jabar, menyentil Dubes Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel. Pasalnya, Agus dianggap hanya membuang-membuang waktu mempermasalahkan hal-hal kecil seperti mengomentari urusan Habib Rizieq Shihab.

Pernyataan Bernard itu menanggapi, ucapan Agus yang menyebut Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab melakukan penyerobotan doa saat pemakaman KH Maimun Zubair atau Mbah Moen.

"Kenapa hal-hal sepeti itu kemudian menjadi suatu hal yang dibesar-besarkan memang enggak ada kerjaan lain gitu kan," kata Bernard kepada Pantau.com, Kamis (8/8/2019).

Baca Juga: Habib Rizieq Disebut Serobot Doa di Pemakaman, PA 212: Itu Fitnah Keji!

Ia mengatakan, seharusnya masih banyak yang bisa dikerjakan oleh seorang duta besar. Bernard pun menyarankan sebaiknya kedutaan besar Indonesia untuk Arab Saudi mengurusi jamaah haji yang tidak bisa berangkat ke tanah suci.

"Ya dubes duta besar suruh ngurusin tuh jamaah haji yang enggak bisa berangkat kenapa bagaimana fasilitasnya itu aja ngapain urusin yang kecil kayak begitu ya kan. Seperti nya enggak perlu ngurusin yang kecil-kecil begitu mengomentari hal-hal yang sebetulnya enggak perlu dikomentari," tuturnya.

Lebih lanjut, Bernard mengungkapkan, apa yang dilakukan Rizieq sama sekali tidak melanggar aturan hukum maupun etika. Apalagi, katanya, berdasarkan video yang beredar Rizieq dinilainya tak melakukan pelanggaran.

"Menyerobotnya itu jelaskan dong sebabnya kenapa dia menyerobot begitu jangan main fitnah-fitnah aja menyerobot begini begini. Nah ini pernyataan yang memang ketidaksukaan orang-orang yang enggak suka terhadap Rizieq pasti akan nyinyir," ungkapnya.

Baca Juga: Slamet Ma'arif: Ijtima Ulama IV Bahas Kemungkinan Kepulangan Habib Rizieq

Sebelumnya, Dubes Agus Maftuh menepis narasi yang berkembang di media sosial bahwa Habib Rizieq memimpin doa di pemakaman Mbah Moen. Agus Maftuh menyebut Imam Besar FPI itu melakukan penyerobotan doa.

"Saya lihat MRS (Muhammad Rizieq Shihab) memang hadir sejak awal dan berkerumun di lubang yang salah. Saya tahu nomor lubang karena yang mengurus di Provinsi Mekah adalah tokoh NU Saudi yaitu, KH Dr Fahmi, Dr Fahmi lah yang menemui pejabat provinsi Mekah dan dipastikan Mbah Moen dimakamkan di posisi yang sangat strategis di kompleks Ma'la," tuturnya. 

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia

Berita Terkait: