Pantau Flash
Ahmad Riza Patria Terpilih Jadi Cawagub DKI Jakarta Pendamping Anies
Pemprov DKI Perpanjang Imbauan WFH Hingga 19 April
Jokowi: Pembebasan Hanya untuk Napi Umum, Bukan Koruptor!
Harga Emas Antam Turun Jadi Rp931.000 per Gram
Mendes PDTT Perbolehkan Dana Desa untuk Bangun Pos Jaga di Gerbang Desa

Sejumlah Nama Baru Mencuat sebagai Calon Menteri Kabinet Baru Jokowi-Ma'ruf

Sejumlah Nama Baru Mencuat sebagai Calon Menteri Kabinet Baru Jokowi-Ma'ruf Presiden Joko Widodo (kedua kiri) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan). (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Pantau.com - Isu sejumlah nama yang akan menjadi calon menteri Kabinet Kerja Jilid II terus berkembang pascapenetapan Joko Widodo (Jokowi) dan Maruf Amin sebagai Presiden Terpilih dan Wakil Presiden Terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Jokowi dan Maruf Amin masih memiliki waktu sekitar 2 bulan untuk merencanakan guna menyusunan kembali kabinetnya sebelum dilantik pada Oktober 2019 mendatang.

Beberapa partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja (KIK) telah mengajukan jatah kursi untuk menempatkan kader-kadernya sebagai menteri ke Jokowi.

Baca juga: Pengamat: Jokowi Perlu Menambah Menteri Perempuan di Kabinet Mendatang

Selain itu, usulan agar Jokowi memilih menteri-menterinya dari golongan muda terus digelorakan. Untuk meramaikan pemilihan calon anggota Kabinet Kerja jilid II, situs kabinetindonesiakerjajilid2.com membuat survei pemilihan kandidat anggota kabinet presiden dan wakil presiden terpilih.

Sebanyak 46 posisi anggota kabinet dijaring dalam pemilihan tersebut. Tercatat, jumlah voter yang masuk ke dalam situs tersebut yang mencapai ratusan ribu. Sebanyak 50 ribu pengunjung di antaranya telah memberikan pilihan.

Berdasarkan hasil vote sementara, sejumlah wajah baru seperti Erick Tohir, Mafud MD, dan Najwa Sihab berhasil meraih vote tertinggi untuk menjadi kandidat Menteri Kabinet Kerja jilid II.

Baca juga: Politikus Gerindra Heran Mobil Dinas Baru Menteri Dipersoalkan Sekarang

Namun tak sedikit juga nama-nama menteri dari kabinet lama seperti Sri Mulyani, Rudiantara, Susi Pudjiastuti hingga Hanif Dakiri masih menjadi favorit untuk kembali terpilih menjadi menteri untuk pos kementerian sama ataupun baru versi para pemilih.

Sejumlah nama calon menteri milenial seperti, Prananda Paloh, Emil Dardak dan Angela Tanoesoedibjo masuk dalam pilihan para pemilih.

Polling kandidat menteri bagi kabinet Jokowi-Maruf Amin merupakan bentuk partisipasi rakyat dalam membentuk pemerintahan baru yang lebih baik.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta

Berita Terkait: