Pantau Flash
Kemenkeu Pastikan Tak Ada Anggaran untuk Proyek Ibu Kota Baru
KSAD Andika Perkasa: Klaster COVID-19 Secupa AD dari Ketidaksengajaan
Ada 1.671 Kasus Baru di RI, Total Infeski COVID-19 Capai 74.018
Polda Metro Sebut Editor Metro TV Yodi Prabowo Tewas Dibunuh
Gubernur Babel Resmi Gugat UU Minerba ke MK

Semangat KPU Siapkan Data Hadapi Sidang Gugatan Pemilu di MK

Semangat KPU Siapkan Data Hadapi Sidang Gugatan Pemilu di MK ilustrasi (Foto: Pantau.com/Yusuf Fadillah)

Pantau.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) siapkan data-data hasil pemilu dan kuasa hukum untuk menghadapi gugatan dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno di Mahkamah Konstitusi (MK).

"KPU menghadapi gugatan itu semangatnya adalah demi keadilan pemilu, bukan semangat menang-kalah," kata Komisioner KPU Viryan Azis di Jakarta, Selasa (21/5/2019).

Baca juga: Sah! BPN Akan Ajukan Gugatan Hasil Pilpres 2019 ke MK

KPU akan menyajikan data-data hasil rekapitulasi berdasarkan apa yang sudah dikerjakan oleh jajaran KPU hingga Selasa dini hari. Azis mengatakan KPU menghormati sikap yang ditempuh tim Prabowo-Sandi menolak hasil pemilu dengan jalur hukum.

"KPU menghormati sikap yang ditempuh Prabowo dan kita sama-sama tahu sikap beliau adalah negarawan dan kita mengapresiasi," ujarnya.

Baca juga: Awalnya Enggan, Kenapa Akhirnya BPN Akan Ajukan Gugatan ke MK? 

Azis mengatakan sebagai lembaga penyelenggara pemilu yang melaksanakan demokrasi elektoral, KPU sadar dengan prinsip-prinsip kehidupan berdemokrasi, salah satunya menyampaikan pendapat.

"KPU berharap penyampaian pendapat itu dalam kerangka penuh dengan kedamaian. Silahkan berkreasi secara politik, berkreasi secara teknis demo dan itu hak politik dari warga negara," tandasnya. 

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Sigit Rilo Pambudi

Berita Terkait: