Pantau Flash
Kelakar Menhub Budi Karaya: Virus Korona Takut Nasi Kucing
Rupiah Menguat 33 Poin, Rp 13.660 per Dolar AS
Rektor UI Sebut Pelajaran Pancasila Perlu Diubah Secepatnya
Menkeu: Perusahaan Eropa Masih Minim Manfaatkan Insentif Pajak
Hermawan, Pria Pengancam Penggal Kepala Jokowi Dituntut 5 Tahun Penjara

Sempat Menjadi Polemik, Firli Bahuri Ditunjuk Menjadi Ketua KPK yang Baru

Sempat Menjadi Polemik, Firli Bahuri Ditunjuk Menjadi Ketua KPK yang Baru Firli Bahuri (Foto: Antara)

Pantau.com - Komisi III DPR RI menyepakati Firli Bahuri menjadi Ketua KPK periode 2019-2023. Hal itu dilakukan Komisi III setelah memilih lima nama Calon Pimpinan (Capim) KPK menjadi Pimpinan KPK periode 2019-2023.

Adapun sebelumnya Kelima nama capim KPK terpilih secara voting yang dihadiri oleh 56 anggota Komisi III dan setelah melalui uji kepatutan dan kelayakan (Fit and Proper test) sejak 11 sampai 12 September 2019.

Baca Juga: Tok! Ini Dia 5 Nama Pimpinan Baru KPK 2019-2023

Sementara mekanisme voting ini dilakukan layaknya proses pemilihan umum dimana masing-masing diberikan kertas suara dan dimasukan kedalam kotak suara. Hasilnya ternyata Firli mendapatkan perolehan suara paling tinggi dimana ia mendapat suara 5 dengan jumlah 56.

Setelah voting, rapat sempat diskors sekira lima menit. Kemudian, 10 ketua kelompok fraksi (kapoksi) yang ada di Komisi III akhirnya sepakat memilih Firli Bahuri sebagai Ketua KPK yang baru untuk periode 2019-2023.

"Berdasarkan hasil rapat kapoksi, menyepakati untuk menjabat pimpinan sebagai ketua yakni saudara Firli Bahuri, setuju?" kata Ketua Komisi III di DPR Azis Syamsudin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat dini hari (13/9/2019).

"Setuju," jawab seluruh Anggota Komisi III DPR RI.

Untuk diketahui sebelumnya proses seleksi capim KPK ini diwarnai kritik sejak Presiden RI Joko Widodo menentukan panitia seleksi (pansel) capim KPK pada Juli 2019. Setelahnya pansel capim KPK memproses para kandidat melalui berbagai macam tes dan menghasilkan 10 nama capim.

Baca Juga: IPW Sebut Dua Nama Capim yang Ditakuti Oknum KPK, Siapa Saja?

Bahkan di detik-detik akhir proses uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III di DPR RI juga terjadi polemik dimana KPK sempat mengirimkan surat kepada Komisi III terkait dengan rekam jejak salah satu capim yang dianggap telah melakukan pelanggaran kode etik berat dia adalah capim KPK bernama Firli Bahuri. 

Namun Firli dalam uji kepatutan dan kelayakan menepis semua tudingan bahwa ia telah melanggar etik berat. Dan sekarang ia resmi terpilih sebagai Ketua KPK yang baru.

Berikut hasil voting di Komisi III DPR setelah melalui uji kepatutan dan kelayakan:

1. Irjen Firli Bahuri: 56
2. Alexander Marwata: 53
3. Nurul Ghufron: 51
4. Nawawi Pomolango: 50
5. Lili Pintauli Siregar: 44
6. Sigit Danang Joyo: 19
7. Lutfi Jayadi Kurniawan: 7
8. I Nyoman Wara: 0
9. Johanes Tanak: 0
10. Robby Arya Brata: 0

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Category
Nasional

Berita Terkait: