Setya Novanto Soal LGBT: Apakah Masuk Substansi Masalah Dunia?

Setya Novanto. (Foto: Antara)Setya Novanto. (Foto: Antara)

Pantau.com – Isu lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT) semakin berhembus kencang pasca statemen Ketua MPR RI Zulkifli Hasan yang menyatakan jika lima fraksi di DPR menyetujui perilaku seksual menyimpang tersebut.

Pejabat negara ramai menanggapi pernyataan kontroversi itu. Tak ketinggalan terdakwa kasus korupsi e-KTP Setya Novanto. Menurutnya, perlu diperhatikan substansi permasalahan dari penggodkan RUU KUHP yang dilakukan panja DPR.

“Ya ini kan masih dibahas di DPR ya tentu kita perhatikan fraksi-fraksi yang sudah membicarakan masalah LGBT itu semuanya harus dibicarakan secara bersama apakah masuk dalam masalah substansi bukan hanya di Indonesia tapi di dunia, misalnya. Kita lihat perkembangannya,” katanya di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (22/1/2018).

Baca juga: Giliran Demokrat Buka Suara Soal Bola Panas LGBT Ala Zulkifli Hasan

Ketika ditanya saat ia menjadi ketua DPR dari fraksi Golkar soal LGBT, pria yang akrab disapa Setya Novanto mengatakan pembicaraan LGBT telah berlangsung. Namun ada beberapa fraksi yang belum menyampaikan pendapatnya

“Semua sudah dibicarakan di sana. Ada juga beberapa fraksi yang membicarakan ada juga yang belum membicarakan,” pungkas Setya Novanto.


Baca juga: Posisi PKS Sikapi Kontroversi LGBT


Ketua MPR RI Zulkifli Hasan sebelumnya menyebutkan panja DPR tengah menggodok RUU KUHP. Salah satu pembahasannya adalah terkait perilaku LGBT serta hukuman yang diberikan kepada pelaku LGBT. Bahkan, pria yang juga menjabat Ketua Umum PAN itu menyebutkan ada lima fraksi yang mendukung LGBT tersebut.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta