Pantau Flash
Surat Edaran Kemenag: Salat Tarawih di Rumah dan Salat Id Ditiadakan
639 Jenazah Dimakamkan di DKI Jakarta Sesuai Protap COVID-19
Update COVID-19 Indonesia 6 April: 2.491 Positif, 192 Sembuh, 209 Meninggal
Dokter Klub Liga Perancis Bunuh Diri Usai Dinyatakan Positif Korona
Pemerintah: Belum Ada Wilayah yang Disetujui untuk Terapkan PSBB

Sidang Pendahuluan Usai, MK Putuskan Lanjutkan Sidang pada Selasa Esok

Headline
Sidang Pendahuluan Usai, MK Putuskan Lanjutkan Sidang pada Selasa Esok Sidang sengketa perdana Pilpres 2019 di MK (Foto: Antara/Hafidz Mubarak)

Pantau.com - Sidang sengketa Pilpres 2019 atau Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang diajukan kubu paslon nomor urut 02 Prabowo-Sandi dengan agenda pembacaan permohonan gugatan selesai pada Jumat sore (14/6/2019). Sidang akan dilanjutkan kembali pada Selasa, 18 Juni 2019 mendatang. 

Agenda sidang lanjutan pada Selasa nanti adalah pembacaan tanggapan atau jawaban dari pihak termohon yakni KPU dan Bawaslu atas petitum atau gugatan pemohon pihak paslon 02. Tak hanya pihak termohon yang akan memberikan jawaban, dalam sidang lanjutan nanti juga pihak paslon 01 Jokowi-Ma'ruf sebagai pihak terkait akan memberikan tanggapan dan jawabannya.

Baca juga: KPU Keberatan Kubu 02 Sampaikan Gugatan Perbaikan, Ini Jawaban MK

Untuk diketahui, semula sidang lanjutan diagendakan pada Senin, 17 Juni 2019. Hanya saja, pihak termohon yakni KPU berkeberatan lantaran terhalang hal teknis, seperti tidak memiliki cukup waktu mengumpulkan saksi, untuk merespons petitum kubu Prabowo-Sandi. Akhirnya KPU pun meminta kelonggaran waktu. 

"Permohonan termohon (KPU) dikabulkan sebagian. Artinya tidak perlu hari Senin tapi hari Selasa," kata Ketua MK Anwar Usman dalam sidang di Gedung MK, Jakarta Pusat, Jumat (14/6/2019).

Baca juga: Sidang MK: Tim Hukum 02 Singgung Penyalahgunaan Anggaran Jokowi

Lebih lanjut, Anwar menegaskan, jawaban dari pihak termohon yakni KPU itu harus diserahkan sebelum waktu sidang lanjutan dimulai pukul 09.00 WIB, pada Selasa, 18 Juni 2019. Nantinya jawaban KPU dan Bawaslu hingga pihak terkait yakni pihak paslon 01 harus diserahkan ke kepaniteraan sidang sebelum waktu yang ditentukan tersebut. 

"Dengan adanya pengunduran persidangan hari Senin itu jadi hari Selasa sehingga jadwal bergeser semua dan nanti oleh kepaniteraan akan diserahkan kepada para pihak perubahan jadwal keseluruhannya, pembuktian dan lain-lain. Pihak terkait (TKN) dan Bawaslu juga Selasa," tandasnya.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Reporter
Bagaskara Isdiansyah

Berita Terkait: