Pantau Flash
Anies Kembali Perpanjang PSBB Transisi Jakarta untuk ke-4 Kalinya
Seluruh Peserta Sidang Tahunan MPR RI Wajib Melakukan Swab Test
Kadisparekraf DKI Jakarta Cucu Ahmad Kurnia Tutup Usia
Subsidi Bunga KUR 6 Persen Diperpanjang hingga Desember 2020
Kantor Pusat BMKG Lockdown Usai 31 Karyawan Reaktif COVID-19

Soal Capim KPK Bermasalah, Komisi III DPR: Kami Akan Tanyakan!

Soal Capim KPK Bermasalah, Komisi III DPR: Kami Akan Tanyakan! Politikus Partai NasDem Teuku Taufiqulhadi (Foto: Pantau.com/Bagaskara Isdiansyah)

Pantau.com - DPR RI sudah menerima 10 nama calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dari Presiden RI Joko Widodo untuk dilakukan jui kepatutan dan kelayakan (Fit and Proper Test). Dari 10 nama capim yang diserahkan ke DPR dinilai sebagian pihak bermasalah, mulai dari masalah administrasi hingga masalah etik.

Menanggapi hal itu, Anggota Komisi III di DPR RI Taufiqulhadi mengatakan bahwa Komisi III selaku komisi yang dipercaya untuk melakukan pengujian kepatutan dan kelayakan terhadap 10 capim KPK tak akan luput jika ada capim yang bermasalah. Ia menegaskan akan mengonfirmasi langsung terkait isu yang beredar kepada capim tersebut.

Baca Juga: Apakah 10 Nama Capim KPK yang Dipilih Pansel Akhiri Polemik?

"Ya kami tanyakan hal tersebut. Jadi bukan membahas kami tanyakan anda dituduh melakukan pelanggaran lalulintas benar gak? Misalnya begitu. Ya kan," kata Taufiqulhadi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2019).

Sementara di sisi lain, Taufiqulhadi mengatakan, bahwa presiden tidak memberikan catatan terhadap 10 nama capim yang diserahkan ke DPR. Ia menegaskan pada saat Fit And Proper test nanti mengharapkan masukan dari masyrakat.

"Kami lihat nanti di dalam fit and proper test. Jadi kami berharap masyarakat masukan, kalau memang kami ada yang tidak tau masyarakat memberikan catatan itu dan diberikan kepada anggota DPR. Nanti kami akan pertanyakan," ungkapnya.

Lebih lanjut, Taufiqul mengaku, bahwa dirinya pribadi sudah percaya terhadap kinerja Panitia Seleksi (Pansel) yang meloloskan 10 nama capim KPK.

Baca Juga: 1.000 Pegawai KPK Tandatangani Petisi Tolak Capim KPK Bermasalah

"Kami percaya kepada Pansel. Kalau dalam pelanggaran etik ada Pansel itu sudah menghentikan. Yak kan? Proses itu telah terjadi dan muncullah 10 orang. 10 orang ini pasti orang yang terbaik," tandasnya.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia

Berita Terkait: