Pantau Flash
Sri Mulyani Usul Minuman Manis dalam Kemasan Jadi Objek Cukai
Wabah Virus Korona Dongkrak Harga Emas ke Level Tertinggi
Ketua DPRD Sebut Surat Anies Baswedan Soal Formula E Ilegal
Freeport Keluarkan Kocek 600 Juta Dolar AS untuk Bangun Smelter
Victoria Keluarkan Peringatan Berhati-hati Terhadap WNI Terkait Korona

Soal Jaksa Agung Tak Dari Kalangan Parpol, HM Prasetyo Heran

Soal Jaksa Agung Tak Dari Kalangan Parpol, HM Prasetyo Heran Jaksa Agung HM Prasetyo (Foto: Antara)

Pantau.com - Kursi Jaksa Agung (JA) akhir-akhir ini juga menjadi sorotan menyusul adanya sejumlah permintaan dari sejumlah pihak, JA berikutnya tak lagi berasal dari partai politik. 

Menanggapi hal itu, Jaksa Agung yang menjabat saat ini M Prasetyo menegaskan, dari manapun nanti figur Jaksa Agung berasal maka yang paling penting mau melakukan tugas-tugas JA sebagaimana mestinya.

Baca Juga: Surya Paloh Tak Masalah Jika Jaksa Agung Mendatang Bukan dari Parpol

"Justru itu makanya, dari mana pun asalnya yang penting kita mau melakukan tugas jaksa agung dengan baik. Selama ini saya rasa semua bisa melihat bagaimana seorang jaksa agung selalu mengedepankan kepentingan bangsa dan negara ini, bukan untuk kepentingan tertentu, tidak kepentingan parpol," kata Prasetyo ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Ia mengaku merasa heran kenapa baru-baru akhir ini dipermasalahkan terkait dengan posisi JA berasal dari elemen parpol. Ia sesumbar meski berasal dari elemen parpol, namun saat menjalankan tugas sudah terlepas dari bayang-bayang parpol.

"Selama ini terganggu enggak independesinya? Tidak akan terganggu," tegasnya.

Sementara menurutnya jika ada pihak yang menilai bahwa saat ini JA hanya dijadikan sebagai alat, hal tersebut keliru. Ia menilai pihak yang menyatakan hak tersebut mungkin mempunyai agenda tertentu.

"Seperti dikatakan presiden tadi, kita enggak ada sedikitpun untuk menyalahkan orang, tapi bagaimana mencegah kejahatan tidak terjadi. Ketika kita mencegah, dan menemukan bukti yang tidak terbantahkan harus kita tindak. Tidak pandang bulu. Dari partai manapun, oh iya, orang NasDem saya penjarakan ada," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Sekretaris Jenderal Partai NasDem, Jhonny G Plate mengungkapkan, saat ini ada pihak-pihak yang mencoba memberikan tekanan kepada Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) terkait dengan jabatan kursi Jaksa Agung. Ia menegaskan, terkait jabatanitu merupakan murni hak prerogratif presiden.

Baca Juga: NasDem: Mulai Ada yang Menekan Jokowi Soal Kursi Jaksa Agung

"Dalam kaitan dengan jabatan Jaksa Agung saat ini mulai kelihatan bahwa ada berbagai pihak yang mencoba memberikan tekanan pada Presiden dengan membuat teori konspirasi dan berita yang tidak didukung data bahkan jauh dari realita," kata Johnny.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Category
Nasional

Berita Terkait: