Pantau Flash
Trump Berharap Seluruh Warga AS Disuntik Vaksin COVID-19 April 2021
Giannis Antetokounmpo MVP NBA 2020, Kalahkan King James dan Harden
Depok Berikan Kelonggaran Terhadap Aktivitas Warga 2 Pekan ke Depan
Rektor IPB Positif COVID-19 Tanpa Tunjukkan Gejala
Tambahan Kasus Harian COVID-19 RI Rekor Lagi, 4.168 Dinyatakan Positif

Soal Padamnya Listrik, Fadli Zon: Ciri-ciri Negara Salah Urus!

Headline
Soal Padamnya Listrik, Fadli Zon: Ciri-ciri Negara Salah Urus! Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon (Foto: Pantau.com/ Bagaskara Isdiansyah)

Pantau.com - Wakil Ketua DPR RI Fraksi Gerindra Fadli Zon melemparkan kritik keras atas terjadinya peristiwa pemadaman listrik secara total yang terjadi di Pulau Jawa dan sekitarnya sejak pukul 12.00 WIB Minggu, 4 Agustus 2019. 

Fadli mengatakan, terjadinya pemadaman listrik secara total tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu sebelumnya merupakan ciri-ciri negara salah urus.

Baca Juga: PLN Upayakan Transmisi Listrik Bisa Tersalurkan Normal Malam Ini

"Ciri2 negara salah urus, listrik mati tak ada peringatan apalgi penjelasan sebelumnya," tulis Fadli dalam akun twitter pribadinya @fadlizon seperti dilihat Pantau.com, Senin (5/8/2019).

Namun hanya kritikan tersebut yang disampaikan Fadli, tercatat per pukul 11.17 WIB, cuitan Fadli sudah mendapatkan 619 retweet dan 2,7 ribu like. 

Sementara itu, Presiden Jokowi mendatangi kantor pusat PT PLN (Persero) untuk mengetahui langsung penyebab padamnya listrik di sebagian Jawa, pada Minggu, 4 Agustus 2019. 

Baca Juga: PLN Rugi Rp90 M saat Pemadaman Listrik se-Jawa, Kompensasi Hak Pelanggan?

Presiden Jokowi pada awal pertemuan dengan Direksi PLN menyampaikan bahwa peristiwa pemadaman di Jawa ini pernah terjadi pada tahun 2002 dan peristiwa itu semestinya menjadi pelajaran berharga agar tidak terjadi lagi. Namun, saat ini terjadi sejak Minggu (4 Agustus 2019) siang.

Presiden mempertanyakan dalam sebuah manejemen besar PLN mestinya ada tata kelola risiko-risiko yang dihadapi dengan manajemen besar.

Dalam pemberitaan sebelumnya, PT Perusahaan Listrik Negara (persero) memohon maaf kepada masyarakat atas padamnya aliran listrik di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) yang terjadi Minggu mulai pukul 11.48 WIB.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia

Berita Terkait: