Pantau Flash
Sri Mulyani Usul Minuman Manis dalam Kemasan Jadi Objek Cukai
Wabah Virus Korona Dongkrak Harga Emas ke Level Tertinggi
Ketua DPRD Sebut Surat Anies Baswedan Soal Formula E Ilegal
Freeport Keluarkan Kocek 600 Juta Dolar AS untuk Bangun Smelter
Victoria Keluarkan Peringatan Berhati-hati Terhadap WNI Terkait Korona

Soal Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan, Fadli Zon Usul Dilakukan Referendum

Soal Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan, Fadli Zon Usul Dilakukan Referendum Fadli Zon (Foto: Pantau.com/Bagaskara Isdiansyah)

Pantau.com - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengusulkan agar pemerintah melakukan referendum sebelum mengeluarkan kebijakan untuk memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Provinsi Kalimantan Timur. Menurutnya dengan begitu, bisa terlihat perlu atau tidaknya pemindahan ibu kota.

"Kalau perlu diadakan referendum ya, seperti usulan itu, agar ada pendapat masyarakat. Apa sih pendapat masyarakat? Apakah memang perlu pindah ibu kota atau tidak? jadi jangan mengada-ada, apalagi dalam situasi ekonomi yang seperti sekarang ini," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (22/8/2019).

Baca Juga: Ibu Kota Indonesia Pindah ke Kalimantan Timur

Fadli menilai jika sebuah negara memiliki sebuah rencana apalagi untuk memindahkan sebuah ibu kota diperlukan kajian yang mendalam.

"Ya itulah menurut saya ini tanpa ada satu kajian yang mendasar, mendalam, hanya mengikuti, saya enggak tau mengikuti apa itu ya. Tapi kalau ada satu rencana, planning, tentu ada kajiannya. Kajian itulah yang disosialisasikan kepada masyarakat. Saya kira ada bagusnya juga," ungkapnya.

Lebih lanjut, waketum Partai Gerindra itu menilai pemerintah saat ini lebih baik fokus terhadap masalah kemiskinan, pengangguran hingga ketahanan pangan.

"Ini fokus dulu di situ, baru bicara pemindahan ibu kota. Jadi jangan ada satu cara berpikir yang melompat gitu lho," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil mengatakan jika Ibu Kota Negara Indonesia akan pindah ke Kalimantan Timur. 

Baca Juga: Ibu Kota Pindah ke Kaltim, HNW: Selesaikan Dulu Payung Hukumnya!

"Iya di Kaltim (Ibu Kota Negara)," katanya di Kemenko Perekonomian, Kamis (22/8/2019).

"Tapi belum tahu lokasi spesifiknya di mana yang belum," katanya.

Namun, ia mengakui belum mengetahui secara detil di mana lokasi tepatnya pusat pemerintahan Indonesia itu akan dibangun. Ia berharap, nantinya lokasi itu akan menjadi sangat layak untuk ditempati.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Category
Nasional

Berita Terkait: