Pantau Flash
Jokowi Terbitkan Inpres 6/2020 Tentang Penegakan Hukum Protokol Kesehatan
WHO: Wuhan Diduga Bukan Tempat Awal Penularan COVID-19
Peneliti IPB: 80 Persen Tanaman Obat Dunia Ada di Indonesia
Ambyar! Konsumsi Rumah Tangga Anjlok, Terburuk Sejak 1999
Menhub: Ojek-Taksi Daring Lebih Unggul dari Angkutan Pengumpan

Sumbar Jadi Rujukan Nasional COVID-19, Ini Kata Nevi PKS

Sumbar Jadi Rujukan Nasional COVID-19, Ini Kata Nevi PKS Warga menjalankan protokol pencegahan COVID-19 saat berolahraga di taman Jam Gadang, Bukittinggi, Sumatera Barat, Kamis (25/6/2020). (Foto: Antara/Iggoy el Fitra)

Pantau.com - Anggota Komisi VI DPR RI Nevi Zuairina mengapresiasi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang menjadi rujukan Nasional dalam penanganan COVID19.

Prestasi Sumbar unggul dalam mengendalikan wabah virus covid-19 salah satu sebab utamanya adalah kebersamaan semua stakeholder yang ada mulai dari Kepala Daerah Provinsi dan 19 Kepala Daerah Kabupaten Kota, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumbar, akademisi, tokoh adat serta kaum ulama untuk bersinergi mengatasi wabah ini.

Keberhasilan Sumbar dalam penganganan COVID-19, kata Nevi dalam siaran pers kepada Parlementaria, baru-baru ini, sudah mendapatkan pengakuan dari Presiden RI Joko Widodo dimana dalam berbagai kesempatan termasuk pada forum pertemuan Gubernur seluruh Indonesia.

Baca juga: Pemerintah Prioritaskan 8 Provinsi Penyumbang Terbanyak Kasus COVID-19

Sumbar sebagai salah satu dari lima provinsi terbaik dalam menangani COVID-19 dan serapan anggaran penanganan wabah ini sudah sesuai dengan harapan yang terbukti daerah ini menjadi tempat yang aman sehingga membuka diri untuk dikunjungi.

"Peran para tokoh Sumatera Barat yang selalu bersinergi dengan pemerintah daerah merupakan kunci utama keberhasilan propinsi ini dalam menghadapi wabah," kata Nevi, seperti dilansir dari laman dpr.go.id, Rabu (22/7/2020).

Salah satunya adalah sinergi dokter Andani Eka Putra dan Pemprov yang menggunakan pool test, bukan rapid test dimana test dilakukan dengan PCR Swab Test yang dilakukan dengan cepat dengan kapasitas  sangat besar yakni 3.500 sehari,” 

Baca juga: Pegawainya Positif COVID-19, KPU: Ini Jadi Simulasi Riil Pemungutan Suara

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menginformasikan bahwa Gubernur bersama jajaran telah membuka diri untuk daerah Sumbar sebagai tujuan Wisata.

Wisatawan asing maupun wisatawan Nusantara yang mendatangi Sumbar, dipersilahkan menaati protokol standar kesehatan, dimana kunjungan para wisatawan diharapkan kegiatan ekonomi dapat bangkit kembali di Sumbar. Potensi wisata Sumbar merupakan andalan provinsi ini untuk menggerakkan ekonomi seluruh masyarakatnya.

"Saya apresiasi pada prestasi Sumbar ini dalam penanganan COVID-19, dan bagi seluruh warga sumbar yang pada moment iedul fitri kemaren tidak dapat pulang kampung, yang sedang di rantau dipersilahkan pulang di hari raya Idul Adha atau hari raya Qurban,” tutup legislator dapil Sumbar II itu.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta

Berita Terkait: