Survei Instrat: Sosok Ini Dipercaya Bisa Susul Elektabilitas Ridwan Kamil

Calon Gubenur Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum (Foto: Instagram ridwankamil)Calon Gubenur Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum (Foto: Instagram ridwankamil)

Pantau.com – Suhu politik jelang Pilkada Jawa Barat 2018 kian memanas. Bahkan keempat pasangan calon bersaing ketat untuk meningkatkan elektabilitas agar meraih suara secara penuh di Pilgub Jabar.

Lembaga survei Indonesia Strategic Institute (Instrat) menyatakan, elektabilitas pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat tertinggi diisi oleh pasangan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum yang mencapai 25,6 persen.

“Dari hasil survei terbaru kami, masih ada 45,2 persen yang golput, posisi pertama ada Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum 25,6 persen, kedua Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi 24,1 persen, ketiga Sudrajat-Ahmad Syaikhu 2,1 persen dan keempat Tb Hasanudin-Anton Charliyan 1,9 persen,” kata Sosial Analis Instrat Adi Nugroho di Bandung, Kamis (8/2/2018).

Adi mengatakan, survei ini adalah kali ketiga (Desember 2016 survei pertama, Desember 2017 survei kedua) yang dilakukan oleh pihaknya dengan tujuan untuk mengetahui persepsi warga Jawa Barat menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat 2018-2023.

Baca juga: Duh! Gara-Gara HaI Ini, KPU Skors Verifikasi Demokrat

Menurut dia, tiga urutan teratas popularitas calon urutannya masih sama dengan hasil pada survei-survei sebelumnya, yaitu Deddy Mizwar (93 persen), diikuti oleh Ridwan Kamil (88 persen) dan Dedi Mulyadi (68 persen).

“Terdapat kecenderungan kenaikan popularitas pada Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi dalam rentang dua bulan terakhir,” kata dia.

Ketimbang Ridwan Kamil, kata dia, sosok Dedi Mulyadi masih punya kesempatan yang Iebar untuk menaikkan level popularitasnya sehingga berpotensi menaikan elektabilitasnya sebagai pendamping Deddy Mizwar.

Hingga saat ini, baru dua pasangan yang sudah dikenal publik Jawa Barat secara luas, yaitu pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (90,4 persen) dan pasangan Ridwan Kamil Uu Ruzhanul Ulum (84,7 persen).

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara