Tegas! Surya Paloh Minta KPU Tak ‘Main-main’ dalam Verifikasi Parpol

Ketua KPU Arief Budiman bersama dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (Foto: partainasdem.id)Ketua KPU Arief Budiman bersama dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (Foto: partainasdem.id)

Pantau.com –  Menjadi partai pertama yang diverifikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh mengingatkan KPU agar tidak main-main dalam melakukan verifikasi faktual kepada partai politik sebagai salah satu syarat menjadi peserta Pemilu 2019.


“KPU jangan main-main, jangan amatir, untuk apa? Kita ingin negara kita maju. Kalau memang ada yang pantas diloloskan dan boleh ikut bertanding dalam Pemilu 2019. Tapi kalau ada yang tidak patuh, ah jangan ini (jangan diloloskan). Ini bahaya,” kata Surya Paloh saat menerima Tim Verifikasi KPU di Kantor DPP Partai NasDem, Jakarta Pusat, Minggu (28/1/2018).

Partai NasDem pun siap dilakukan verifikasi faktual oleh KPU. “KPU silakan lakukan verifikasi faktual, Partai NasDem siap untuk diverifikasi. Kami ingin mendorong KPU melaksanakan fungsi dan peranannya dengan baik dan penuh semangat,” kata Paloh.

Rombongan KPU dan Bawaslu tiba di Kantor DPP Pusat NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Minggu pukul 09.45 WIB. Verifikasi itu dipimpin langsung oleh Ketua KPU Arief Budiman serta Ketua Bawaslu Abhan.


Arief Budiman sendiri mengatakan ada tiga sesi verifikasi faktual partai politik hari ini.  “Sesi pertama, KPU melajukan verifikasi faktual NasDem dan PBB,” ucapnya.

Pada sesi kedua, KPU melakukan verifikasi kepada PAN dan sesi ketiga kepada dua parpol lainnya.

“Saya datang kesini hanya untuk melakukan monitoring kepada tim verifikasi,” katanya seraya berharap parpol mendukung KPU dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai penyelenggara Pemilu.


Baca Juga:KPU Mulai Verifikasi Faktual 12 Partai Lama, Ini Jadwalnya…

Pada kesempatan itu, komisioner KPU mengecek beberapa hal yaitu surat keputusan (SK) Kemenkumham atas nama Ketum dalam hal ini Surya Paloh, kemudian mengecek alamat domisili partai dari tingkat DPP Pusat, DPW, dan DPC, serta terakhir mengecek keterwakilan 30 persen kader perempuan.

Proses verifikasi dilakukan oleh komisioner KPU Hasyim Asy’ari dan Evi Novida Ginting Manik serta disaksikan oleh anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar. Dalam proses verifikasi, KPU memeriksa keanggotaan pada kepengurusan di tingkat pusat, keterwakilan perempuan di kepengurusan DPP dan domisili kantor.

Komisioner KPU Hasyim Asy’ari menuturkan bahwa dari data-data yang diterima secara langsung, Partai NasDem sudah memenuhi syarat yang ditentukan. “Sudah dilakukan dan Partai NasDem sudah memenuhi syarat kalau secara faktualnya, tapi nanti secara resmi akan diumumkan,” ujar Hasyim.

Secara faktual, NasDem telah memenuhi syarat terkait data anggota kepengurusan di tingkat pusat dan domisili kantor. Selain itu, NasDem juga memenuhi syarat keterwakilan perempuan sebesar 30 persen dari jumlah pengurus pusat. Dari 25 orang pengurus pusat, sebanyak sembilan di antaranya adalah perempuan.

“NasDem telah menyerahkan data KTA dan KTP dari sembilan perempuan yang menjadi pengurus di DPP,” ucap Hasyim.

Selain Partai NasDem, hari ini KPU juga akan memverifikasi Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Partai Demokrat.

Tim Pantau
Editor
Dera Endah Nirani