Pantau Flash
DPRD DKI Minta PSBB Ketat Kembali Jika 25 Januari Kasus COVID-19 Masih Tinggi
Pijat Plus-plus di Bandung: Muncikari Dapat Rp550 Ribu, Terapis Cuma Cepek
Menparekraf Bertemu Menkominfo Bahas Infrastruktur Telekomunikasi di 5 DSP
Di Depan DPR, Gus Menteri Beberkan Program Prioritas Pembangunan Desa
Lantik PAW Anggota MPR RI, Bamsoet Ingatkan Pentingnya PPHN

Terlibat Penipuan Online, Puluhan WNA Asal Cina dan Taiwan Diamankan

Terlibat Penipuan Online, Puluhan WNA Asal Cina dan Taiwan Diamankan Karo Penmas DivHumas Polri Brigjen Dedi Prasetyo (Foto: Antara/Dhemas Reviyanto)

Pantau.com - Sebanyak 47 Warga Negara Asing (WNA) asal China dan Taiwan dibekuk jajaran Polresta Balerang, Kepulauan Riau pada Rabu 18 September 2019. Diduga puluhan orang itu terlibat jaringan penipuan online.

"Diduga karena penipuan online," ucap Karo Penmas DivHumas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Kamis (19/9/2019).

Baca juga: Berkas Lengkap, Kriss Hatta Segera Disidangkan

Puluhan warga negara asing itu, sambung Dedi, terdiri dari 18 warga negara China yang 16 di antaranya laki dan 2 wanita. Sedangkan, sisanya yakni 29 orang asal Taiwan dengan rincian 27 laki dan 2 wanita.

Meski demikian, Dedi tak menjelaskan secara rinci soal modus yang digunakan puluhan orang itu. Hanya saja, disebutkan penipuan itu dilakukan dengan menggunakan aplikasi skype.

"Mereka menggunakan aplikasi skype. Saat ini dokumen mereka masih didalami oleh pihak Imigrasi," pungkas Dedi.

Baca juga: Perampok Sadis Bersenjata Api Dicokok, Kerap Perkosa Korban saat Beraksi

Dalam pengungkapan kasus ini, sejumlah barang bukti berhasil diamankan, yakni 6 laptop, 41 hp berbagai merk, 2 baju, 1 pet dan kelengkapan seragam menyerupai Polisi China, akustik peredam dinding, Bilik dan meja kerja untuk aktivitas telpon dan download aplikasi BRIA, daftar identitas hasil transaksi aplikasi skype.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Kontributor - RZK

Berita Terkait: